PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI PUBLIK KABUPATEN GUNUNGKIDUL (Analisis Studi Deskriptif Kualitatif pada founder dan followers @beritainaja)

Yustiawan, Firmanda (2022) PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI PUBLIK KABUPATEN GUNUNGKIDUL (Analisis Studi Deskriptif Kualitatif pada founder dan followers @beritainaja). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (615kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0730 Firmanda Yustiawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)

Abstract

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki potensi wisata dan kekayaan alam yang baik, namun kurangnya pemerintah daerah mempromosikan di media sosial membuat potensi tersebut tidak terjamah. Pemerintah kurang fokus dalam mengembangkan media informasi yang baik untuk kota ini dengan kurang aktifnya pengelolaan akun media sosial resmi yang dapat digunakan untuk menginformasikan tentang kejadian, agenda budaya, event, ataupun info pariwisata mereka. Kemudian terbentuklah akun beritainaja sebagai media mandiri yang memberikan informasi tentang kegiatan Gunungkidul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan instagram @beritainaja sebagai media informasi Kabupaten Gunungkidul. Dari penelitian ini, diketahui bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh akun instagram @beritainaja dalam merencanakan unggahan. Peneliti menemukan bahwa strategi @beritainaja adalah mendapatkan kiriman dari warga dan diunggah kembali pada akun @beritainaja dengan ditambah sebuah caption yang menarik agar isi dan pesan yang disampaikan @beritainaja menjadi informatif, persuasif dan edukatif. @beritainaja juga menggunakan pesan yang penuh dengan candaan sehingga semua informasi dari @beritainaja dapat tersampaikan dengan baik dan menarik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Damastuti, Riski
Uncontrolled Keywords: komunikasi, instagram, informasi, communication, instagram, information
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:13
Last Modified: 03 Aug 2023 03:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6610

Actions (login required)

View Item View Item