Setiawan, Chandra Yobi (2022) PENGARUH VERTEX DAN LIGHTING TERHADAP KECEPATAN WAKTU PROSES DAN UKURAN FILE BERDASARKAN KECEPATAN KEMUNCULAN 3D PADA AUGMENTASI REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (728kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.2084-CHANDRA YOBI SETIAWAN - 2084_Chandra Yobi Setiawan.rar Restricted to Repository staff only Download (112MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.2084-CHANDRA YOBI SETIAWAN - 2084_Chandra Yobi Setiawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
Abstract
Augmented Reality atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan realitas tambahan adalah sebuah teknologi yang menyatukan objek 3D dan objek 2D yang ditampilkan lalu objek tersebut ditampilkan dalam lingkungan nyata. Augmented Reality banyak digunakan untuk media interaktif game dan promosi. dalam segi penelitian di ranah Augmented Reality masih sangat sedikit yang mengangkat informasi mengenai waktu kemunculan objek 3D dengan variabel lighting dan vertex, padahal ketika menggunakan Augmented Reality waktu yang dibutuhkan objek 3D tampil sangatlah penting agar pengguna tidak terlalu lama menunggu. Pada Skripsi ini. peneliti mencoba untuk menganalisis masalah yang ada menggunakan metode Eksperimental Design, dalam pembuatan karakter 3D menggunakan Blender lalu dilanjutkan dengan Unity3D untuk pembuatan Augmented Reality yang akan menvisualisasikan karakter 3D dengan menggunakan marker dengan bantuan kamera yang diarahkan sehingga dapat memunculkan karakter yang telah dibuat secara visual tanpa batuan Unity3D. Hasil implementasi penelitian ini yaitu mengetahui perbandingan percepatan kemunculan antara objek 3D satu dengan objek yang lain dengan mengimpletasikan vertek dan lighting.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, AR, 3D Objek | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Sep 2022 03:29 | ||
Last Modified: | 04 Aug 2023 03:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6562 |
Actions (login required)
View Item |