PENGARUH VERTEX DAN LIGHTING TERHADAP KECEPATAN WAKTU PROSES DAN UKURAN FILE BERDASARKAN KECEPATAN KEMUNCULAN 3D PADA AUGMENTASI REALITY

Setiawan, Chandra Yobi (2022) PENGARUH VERTEX DAN LIGHTING TERHADAP KECEPATAN WAKTU PROSES DAN UKURAN FILE BERDASARKAN KECEPATAN KEMUNCULAN 3D PADA AUGMENTASI REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (728kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.2084-CHANDRA YOBI SETIAWAN - 2084_Chandra Yobi Setiawan.rar
Restricted to Repository staff only

Download (112MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.2084-CHANDRA YOBI SETIAWAN - 2084_Chandra Yobi Setiawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

Augmented Reality atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan realitas tambahan adalah sebuah teknologi yang menyatukan objek 3D dan objek 2D yang ditampilkan lalu objek tersebut ditampilkan dalam lingkungan nyata. Augmented Reality banyak digunakan untuk media interaktif game dan promosi. dalam segi penelitian di ranah Augmented Reality masih sangat sedikit yang mengangkat informasi mengenai waktu kemunculan objek 3D dengan variabel lighting dan vertex, padahal ketika menggunakan Augmented Reality waktu yang dibutuhkan objek 3D tampil sangatlah penting agar pengguna tidak terlalu lama menunggu. Pada Skripsi ini. peneliti mencoba untuk menganalisis masalah yang ada menggunakan metode Eksperimental Design, dalam pembuatan karakter 3D menggunakan Blender lalu dilanjutkan dengan Unity3D untuk pembuatan Augmented Reality yang akan menvisualisasikan karakter 3D dengan menggunakan marker dengan bantuan kamera yang diarahkan sehingga dapat memunculkan karakter yang telah dibuat secara visual tanpa batuan Unity3D. Hasil implementasi penelitian ini yaitu mengetahui perbandingan percepatan kemunculan antara objek 3D satu dengan objek yang lain dengan mengimpletasikan vertek dan lighting.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Marco, Robert
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, AR, 3D Objek
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:29
Last Modified: 04 Aug 2023 03:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6562

Actions (login required)

View Item View Item