MENGEMBANGKAN STRATEGI PROMOSI PARIWISATA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KABUPATEN MAGELANG

Ulya, Ahmad Zadul (2022) MENGEMBANGKAN STRATEGI PROMOSI PARIWISATA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KABUPATEN MAGELANG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (727kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 15.12.8823 Ahmad Zadu Ulya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fenomena promosi pariwisata di kabupaten Magelang yang banyak dilakukan melalui media sosial, setelah hampir semua tempat wisata ditutup ataupun dibatasinya jumlah pengunjung akibat pandemi covid-19, sehingga para pengelola tempat wisata berlomba untuk mempromosikan tempat wisatanya melalui berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan media sosial Instagram. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bentuk strategi promosi pariwisata melalui media sosial Instagram. Untuk mengetahui hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Adapun teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi yang ditujukan kepada para pengelola tempat wisata, beberapa admin akun wisata di Instagram dan masyarakat pengguna media sosial Instagram. Hasil analisa strategi promosi pariwisata menggunakan media sosial Instagram melalui berbagai tahapan antara lain: 1. Penciptaan konten, yang meliputi tips pembuatan foto dan video serta penentuan spot foto yang sesuai tema. 2. Penentuan platform, salah satu cara untuk menentukan platform yang tepat adalah dengan melihat media mana yang paling banyak digunakan oleh pengunjung wisata tersebut. 3. Membuat rencana program, rencana program dapat berupa lomba foto, lomba menulis artikel atau melalui give away. 4. Monitoring dan evaluasi. Monitoring dan evaluasi merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan dalam berpromosi sehingga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk ke depannya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi, pemasaran digital, media sosial Instagram, pariwisata
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:20
Last Modified: 03 Aug 2023 06:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6553

Actions (login required)

View Item View Item