Kurniawan, Adnan Nur (2022) PERANCANGAN MODE MULTI PEMAIN PADA PERMAINAN “AKATA - ASAH KATA” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AGONES GAME SERVER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (522kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (222kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2288 Adnan Nur Kurniawan.zip Restricted to Repository staff only Download (37MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2288 Adnan Nur Kurniawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (863kB) |
Abstract
AKATA - Asah Kata merupakan permainan yang bertujuan untuk menguji pengetahuan kosakata bagi para pemainnya. Dalam permainan ini terdapat huruf acak yang harus disusun oleh pemain sehingga menjadi sebuah kata. Dengan cara ini pemain dapat bermain sekaligus menguji wawasan kosakata yang dimiliki. Terdapat beragam mode serta fitur yang ada di dalamnya diantaranya empat mode permainan, penyimpanan data pemain, papan peringkat, pembenaran kata baku serta hadiah harian. Beragam mode serta fitur tersebut disediakan agar para pemain dapat tertarik serta mempertahankan permainan ini di perangkat android mereka. Namun kenyataannya banyak dari pengguna yang tidak bertahan lama memainkan permainan ini. Dari permasalahan tersebut muncul sebuah ide untuk merancang mode multi pemain. Dimana dalam mode ini memungkinkan para pemain untuk bermain bersama pemain lainnya. Untuk pengembangan di sisi klien menggunakan Android Studio dengan bahasa pemrograman Kotlin. Pada bagian server akan diinstal Agones Game Server yang akan menangani proses permainan antar pemain. Proses perancangan mode multi pemain terbagi atas dua tahapan yaitu perancangan bagian klien yang melibatkan logika permainan serta perancangan server sebagai jembatan penghubung antar pemain. Dengan adanya mode ini diharapkan dapat menarik minat para pemain untuk memainkan permainan ini. Mengingat pada era sekarang ini sebuah permainan akan lebih menarik apabila para pemain dapat saling berinteraksi dan berkompetisi satu sama lain.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Kata, Android, Multi Pemain, Agones | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Sep 2022 02:26 | ||
Last Modified: | 04 Aug 2023 03:26 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6508 |
Actions (login required)
View Item |