Fitrianti, Ayu (2022) EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA WEBSITE TRAVELOKA MENGGUNAKAN QUALITY IN USE INTEGRATED MEASUREMENT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (764kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (279kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2414 Ayu Fitrianti.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
Abstract
Perkembangan era digital saat ini menjadikan internet sebagai kebutuhan bagi setiap orang. Dilansir melalui laporan Badan Pusat Statistik yang diterbitkan bertajuk “Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020” melansir bahwa 78,18% dari seluruh penduduk di indonesia telah menggunakan internet [1]. Traveloka tersedia dalam website dan aplikasi, sehingga konsumen dapat melakukan pemesanan melalui kedua platform tersebut, aplikasi Traveloka sudah di unduh lebih dari 60 juta kali, menjadikanya aplikasi pemesanan perjalanan dengan gaya hidup popular di kawasan asia tenggara [2]. Sedang kan website Traveloka tercatat Memiliki 12,6 juta kunjungan pada desember 2021 lalu, meraih angka pengunjung tertinggi sebagai situs perjalanan dan Indonesia menjadi negara dengan jumlah terbesar sebagai pengunjung website Traveloka [3]. Dengan banyaknya pengguna pada Traveloka, maka kepuasan serta kenyamanan menjadi yang paling utama. Berdasarkan uraian diatas untuk mengetahui tingkat pengalaman pengguna pada website serta aplikasi Traveloka maka dilakukan evaluasi. Quality in Use Integrated Measurement (QUIM) ialah model pengukuran usability yang digunakan untuk mendapat hasil evaluasi berupa nilai presentase dari suatu sistem[4]. Cognitive walkthrough merupakan metode yang berfokus pada kesederhanaan serta pembelajaran sehingga mudah untuk diimplementasikan[5]. Hasil dari evaluasi yang telah dilakukan presentase rata-rata hasil QUIM pada website Traveloka sejumlah 88% menunjukkan niai website Traveloka lebih rendah dari hasil rata-rata presentase QUIM pada aplikasi Traveloka yang berjumlah 94%. Kemudian hasil uji cognitive walkthrough pada website Traveloka faktor efficiency dan effectiveness pada skenario pemesanan tiket kereta ialah 108,2 detik dengan penyebab karena lamanya waktu pengisian data diri ketika pengguna melakukan pemesanan tiket kereta.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | QUIM, Cognitive Walkthrough, Usability, Aplikasi, Website | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Sep 2022 02:08 | ||
Last Modified: | 04 Aug 2023 03:22 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6489 |
Actions (login required)
View Item |