PERANCANGAN GAME BOROBUDUR ADVENTURE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Sahal, Muhamad Mahfud (2022) PERANCANGAN GAME BOROBUDUR ADVENTURE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 20.22.2425 MUHAMAD MAHFUD.rar
Restricted to Repository staff only

Download (568MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 20.22.2425 Muhamad Mahfud.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)

Abstract

Game atau permainan merupakan aplikasi yang tidak asing lagi bagi masyarakat dari segala lapisan. Upaya untuk meningkatkan efisiensi penyediaan aplikasi yang mengandung unsur edukasi diperlukan berbagai alternatif dan inovasi baru dalam hal pemrograman untuk bisa diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Penelitian itu bertujuan untuk membuat sebuah rancangan game yang bernama game Borobudur Adventure dengan menyisipkan unsur edukasi tentang sejarah candi Borobudur. Sampel yang digunakan adalah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) karena minta terhadap proses belajar secara teoritis mengingat anak-anak lebih suka bermain game. Perangkat permodelan yang digunakan adalah use case diagram, activity diagram, dan class diagram. Hasil penerapan game edukasi Borobudur Adventure ini menunjukkan bahwa aplikasi game dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami sejarah candi Borobudur sambil bermain. Pengujian sistem menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan hasil sistem dapat diterima.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adi, Sumarni
Uncontrolled Keywords: Game, Edukasi, Borobudur, SUS
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:06
Last Modified: 03 Aug 2023 04:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item