PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME PLATFORMER THE ADVENTURE OF RAMA AND SHINTA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY

Fattahillah, Wahid (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME PLATFORMER THE ADVENTURE OF RAMA AND SHINTA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (619kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.61.0120 Wahid Fattahillah.rar
Restricted to Repository staff only

Download (112MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18610120 Wahid Fattahillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)

Abstract

Game merupakan sebuah program komputer yang dijalankan untuk mencapai suatu kemenangan sesuai dengan aturan game tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media game dapat meningkatkan pengetahuan tentang cerita rakyat Ramayana. Selain itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat usability pada game menurut ISO 9126. Penelitian ini menggunakan studi literatur melalui berbagai sumber yaitu jurnal ilmiah.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah game development life cycle (GDLC). Program yang digunakan untuk pengembangan game ini adalah Unity Game Engine. Proses pengembangan dimulai dari tahap initiation, yaitu perancangan ide. Selanjutnya pre-production yaitu perancangan assets dan media dari game, kemudian tahap testing untuk menguji game kepada penguji. Tahap terakhir pengembangan game ini adalah tahap release, yaitu proses rilis game ke publik melalui platform google play store. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 30 orang dari mahasiswa fakultas ilmu komputer Universitas Amikom Yogyakarta. Kuesioner usability testing didapat hasil bahwa responden sangat setuju bahwa game ini mudah dipahami, mampu dipelajari, mampu dioperasikan, dan menarik. Sedangkan untuk kuesioner konten game didapat hasil bahwa responden setuju game ini dapat menambah pengetahuan seputar budaya cerita rakyat Ramayana. Rekomentasi peneliti pada pengembangan selanjutnya adalah pengembangan game serupa melalui platform lain selain Android. Agar dapat menarik pengguna dari sistem operasi lain.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Ramayana, Unity 3D, Android, ISO 9126
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:53
Last Modified: 04 Aug 2023 03:16
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6474

Actions (login required)

View Item View Item