Fattahillah, Wahid (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME PLATFORMER THE ADVENTURE OF RAMA AND SHINTA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (619kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.61.0120 Wahid Fattahillah.rar Restricted to Repository staff only Download (112MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18610120 Wahid Fattahillah.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
Abstract
Game merupakan sebuah program komputer yang dijalankan untuk mencapai suatu kemenangan sesuai dengan aturan game tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media game dapat meningkatkan pengetahuan tentang cerita rakyat Ramayana. Selain itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat usability pada game menurut ISO 9126. Penelitian ini menggunakan studi literatur melalui berbagai sumber yaitu jurnal ilmiah.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah game development life cycle (GDLC). Program yang digunakan untuk pengembangan game ini adalah Unity Game Engine. Proses pengembangan dimulai dari tahap initiation, yaitu perancangan ide. Selanjutnya pre-production yaitu perancangan assets dan media dari game, kemudian tahap testing untuk menguji game kepada penguji. Tahap terakhir pengembangan game ini adalah tahap release, yaitu proses rilis game ke publik melalui platform google play store. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 30 orang dari mahasiswa fakultas ilmu komputer Universitas Amikom Yogyakarta. Kuesioner usability testing didapat hasil bahwa responden sangat setuju bahwa game ini mudah dipahami, mampu dipelajari, mampu dioperasikan, dan menarik. Sedangkan untuk kuesioner konten game didapat hasil bahwa responden setuju game ini dapat menambah pengetahuan seputar budaya cerita rakyat Ramayana. Rekomentasi peneliti pada pengembangan selanjutnya adalah pengembangan game serupa melalui platform lain selain Android. Agar dapat menarik pengguna dari sistem operasi lain.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Ramayana, Unity 3D, Android, ISO 9126 | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Sep 2022 01:53 | ||
Last Modified: | 04 Aug 2023 03:16 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6474 |
Actions (login required)
View Item |