PEMBUATAN ADEGAN 3D COMPUTER GENERATED IMAGERY PADA IKLAN PRODI BACHELOR OF INFORMATION TECHNOLOGY UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Yoda, Fransiskus Asisi Everly (2022) PEMBUATAN ADEGAN 3D COMPUTER GENERATED IMAGERY PADA IKLAN PRODI BACHELOR OF INFORMATION TECHNOLOGY UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (963kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.60.0020-Fransiskus Asisi Everly Yoda - Everly Yoda.zip
Restricted to Repository staff only

Download (143MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.60.0020-Fransiskus Asisi Everly Yoda - Everly Yoda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

Perkembangan komputer grafis dewasa ini meningkat sangat pesat. Dari yang awalnya berupa grafis bidang datar, sekarang sudah mampu menghasilkan grafis bidang ruang atau 3 dimensi. Grafis 3 dimensi merupakan objek yang memiliki 3 koordinat x, y dan z. Perkembangan tak hanya sampai disitu saja. 3 Dimensi berkembang dan terpecah menjadi banyak sekali bidang, yang terdiri dari pemodelan, tekstur, pencahayaan, animasi, simulasi dan masih banyak lagi. Setiap bidang memiliki peran penting masing masing dalam membuat suatu produk 3 dimensi. Tentunya hal tersebut sangat mempengaruhi berbagai sektor industri, khususnya dalam bidang periklanan. Saat ini, banyak sekali iklan yang sudah menggunakan penerapan teknologi dari grafis 3 dimensi. Teknologi tersebut banyak dikenal dengan sebutan CGI atau disebut dengan Computer Graphic Imagery. Tanpa dipungkiri bahwa dengan menggunakan teknologi CGI, dapat membantu membuat adegan yang kemungkinan mustahil apabila dibuat dengan metode konvensional. Pada pembuatan iklan Prodi BCIT Universitas Amikom Yogyakarta ini terdapat beberapa adegan yang menggunakan CGI. Adegan tersebut berisi tentang dua mobil yang sedang saling mengejar di tengah kota pada malam hari. Tentunya apabila dengan menggunakan metode konvensional akan sangat memakan biaya yang sangat besar dan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, peneliti akan membuat adegan tersebut menggunakan teknologi CGI dengan menggunakan software Blender. Dimulai dengan pembuatan model 3D mobil, kota, pencahayaan dan banyak lagi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Haryoko
Uncontrolled Keywords: 3D, iklan, CGI, adegan, grafis
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Sep 2022 08:30
Last Modified: 03 Aug 2023 02:12
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item