Sabane, Mohammad Rifal (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM VIRTUAL ACCOUNT ATAS PELAYANAN UANG PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (501kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (131kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.93.0007-Mohammad Rifal Sabane - Mohammad Rifal Sabane.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
Abstract
Dalam proses bertransaksi pada era saat ini, sudah sangat dimudahkan karena adanya perkembangan teknologi. Salah satu fitur dalam proses transaksi yaitu layanan pembayaran dengan menggunakan sistem virtual account yang telah diterapkan oleh Universitas Amikom Yogyakarta. Layanan virtual account ini memiliki tujuan untuk memberikan rasa kepuasan pelanggan, yang kemudian diikuti oleh fasilitas dan karyawan Universitas Amikom Yogyakarta. Penelitian lapangan (field research) merupakan jenis dari penelitian ini, yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisisi kualitatif model interaktif yang dilakukan selama kegiatan berlangsung dan setelah kegiatan pengumpulan dan akumulasi data. Kegiatan tersebut yaitu meliputi memilah data (reduksi), menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Kemudian hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pelayanan pembayaran dengan sistem virtual account dapat diterapkan atau diimplementasikan dengan baik di Universitas Amikom Yogyakarta, terutama dalam proses pembayaran uang pendidikan mahasiswa. Terdapat lima faktor yang menentukan kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa. Kelima faktor tersebut merupakan bukti langsung (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empaty). Dari kelima faktor tersebut, faktor yang sangat mempengaruhi dalam peningkatan kualitas terdapat pada komponen kehandalan (reliability), karena hal ini dapat memberikan kemudahan, keamanan, dan ketepatan dalam proses transaksi. Adapun mahasiswa yang telah melakukan pembayaran uang pendidikan di Universitas Amikom Yogyakarta menunjukkan hasil 94,33%, yang dapat diartikan bahwa sistem pembayaran menggunakan virtual account ini sudah sangat baik dan memuaskan bagi mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Uang Pendidikan, Kepuasan Mahasiswa, Pembayaran Virtual account. | ||
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Akuntansi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Jun 2022 06:20 | ||
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/629 |
Actions (login required)
View Item |