PEMBUATAN MODELING ASSET 3D MAINAN TRADISIONAL ANAK MENGGUNAKAN TEKNIK SOLID UNTUK KAMPUNG PELEMWULUNG BARU

Ardiyanto, Atalarick Bangkit Arya (2022) PEMBUATAN MODELING ASSET 3D MAINAN TRADISIONAL ANAK MENGGUNAKAN TEKNIK SOLID UNTUK KAMPUNG PELEMWULUNG BARU. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 17.82.0119 Atalarick Bangkit Arya Ardiyanto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (276MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.82.0119 Atalarick Bangkit Arya Ardiyanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)

Abstract

3D modeling merupakan suatu proses penggambaran representasi matematis yang cara pembuatannya menggunakan bantuan software komputer dengan aplikasi Autodesk Maya dan mengandalkan grafis komputer Tiga Dimensi. Pembuatan modeling asset 3D menggunakan teknik primitive (solid) modeling. Teknik primitive modeling disebut juga dengan Constructive Solid Geometry, karena teknik pemodelan 3D ini menggunakan objek-objek solid yang sudah ada pada standar geometri. Objek-objek yang dimaksud adalah box, sphere, cylinder, plane, dan objek standar lainnya. Pemodelan dengan teknik ini bisa menggabungkan objek dasar tanpa mengubah bentuk dari objek tadi. Dengan batasan tadi, teknik ini hanya bisa digunakan untuk membuat model yang standar. Sangat sulit untuk bisa membuat model dengan bentuk permukaan yang komplek. Batasan ini juga yang melandasi nama primitive, dalam artian teknik dasar dan masih terbilang sederhana. Penelitian ini membuat modeling asset 3D mainan tradisional berupa layang-layang, kelereng, bakiak, gasing, egrang, congklak, ketapel. Pembuatan modeling assetnya akan dibuat seperti bentuk aslinya. Setelah selesai pembuatan modeling asset mainan tradisional akan ditunjukkan kepada anak-anak kampung Pelemwulung Baru untuk mengetahui respon anak-anak tersebut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: 3D Modeling, Teknik Solid, Mainan Tradisional, 3D Modeling, Solid Technique, Traditional Toys
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:04
Last Modified: 05 Aug 2023 01:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5902

Actions (login required)

View Item View Item