ANALISIS SENTIMEN TWITTER TENTANG KEPUASAN PELANGGAN GRAB MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Manafe, Mariana Susanti (2022) ANALISIS SENTIMEN TWITTER TENTANG KEPUASAN PELANGGAN GRAB MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (611kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 17.11.1026 Mariana Susanti Manafe.rar
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.11.1026 Mariana Susanti Manafe.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)

Abstract

Saat ini ojek online telah menjadi tren transportasi di kalangan masyarakat khusus nya di Indonesia. Ojek online sendiri merupakan transformasi dari ojek konvensional yang biasanya mangkal di tempat tertentu untuk mendapatkan pelanggan mereka. Saat ini, perkembangan di bidang teknologi semakin tinggi hal ini membuat terciptanya inovasi layanan ojek online salah satunya adalah Grab. Grab banyak digunakan di semua kalangan dalam mengantar baik barang ataupun orang ke tempat tujuan. Dengan semakin banyaknya pengguna layanan Grab, beberapa di antaranya memberikan pendapat atau opini mereka melalui media sosial yang ada. Salah satunya yaitu twitter. Dalam hal ini peneliti ingin melakukan riset seberapa postif atau negatif pelayanan yang diberikan grab kepada pelanggannya khususnya di layanan Grabcar, Grabfood dan Grab express. Serta melihat apakah algoritma naïve bayes dapat melakukan klasifikasi dengan baik. Hasil dari implementasi Algoritma sentiment pada data uji dengan hastag yaitu #grabcar, #grabfood,dan #grabexpress dengan menerapkan metode naïve bayes dan pembobotan TF-IDF dan memanfaatkan data latih di dapatkan hasil akurasi yaitu 60%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Laksito, Arif Dwi
Uncontrolled Keywords: Analisis sentiment, naïve bayes classifier, TF-IDF
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:31
Last Modified: 05 Aug 2023 01:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5849

Actions (login required)

View Item View Item