Murdyaningsih, Hanny Ayu (2022) PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA BERDOMISILI DI KABUPATEN SLEMAN). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (639kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (691kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (83kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0816 Hanny Ayu Murdyaningsih.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan mengenai perubahan pola belanja dari offline ke online, menurut data dari berbagai marketplace yang ada marketplace dengan pengunjung paling tinggi yaitu shopee dan pengguna marketplace shopee terbanyak yaitu kalangan mahasiswa. Dengan harga dan promosi yang diberikan apakah mempengaruhi minat beli mahasiswa untuk melakukan pembelian suatu produk atau barang di marketplace shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah harga dan promosi dapat mempengaruhi minat beli melalui penerapan percobaan 96 mahasiswa pengguna marketplace shopee yang berdomisili di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan paradigma postivisme dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner ke 96 mahasiswa yang berdosimili di Kabupaten Sleman. Teori yang digunakan adalah harga, promosi, minat beli dan AIDA. Pengambilan sampel dilakukan metode nonprobablity sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan promosi dalam marketplace shopee berpengaruh positif dengan presentase 36,5% terhadap minat beli. Secara keseluruhan mahasiswa berdomisili di Kabupaten Sleman mendapatkan pengaruh dari harga dan promosi terhadap minat beli di marketplace shopee. Hal tersebut dibuktikan dengan harga dan macam promosi yang telah dilakukan oleh pihak shopee mampu menarik perhatian konsumen untuk berbelanja. Hasil analisis menjelaskan teori AIDA sesuai dengan hasil penelitian, dimana adanya informasi, ketertarikan, keinginan,dan tindakan ini berhasil membuat harga dan promosi dapat mempengaruhi mahasiswa untuk berminat membeli di marketplace shopee dengan adanya banyak tawaran dari harga dan promosi tersebut.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Harga, Promosi, Teori AIDA, Marketplace Shopee | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:50 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 01:46 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5818 |
Actions (login required)
View Item |