Fadholi, Muhammad Ridwan (2022) STRATEGI KREATIF KONTEN YOUTUBE PADA MEDIA PENYIARAN MQFM JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (428kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (118kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0415 Muhammad Ridwan Fadholi.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
Abstract
Bisnis radio pada saat ini dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif agar nantinya bisa menarik minat pendengar. Selain itu, radio juga harus mampu beradaptasi di tengah perkembangan teknologi pada era digital seperti sekarang. MQ FM Jogja adalah salah satu perusahaan media radio yang telah berbenah dan melakukan perubahan pola bisnis untuk tetap bertahan dan menjaga eksistenisnya di tengah masyarakat. MQ FM tidak hanya mengudara pada frekuensi analog, tetapi juga mulai berinovasi untuk merambah ke media digital YouTube sebagai bentuk respon terhadap perkembangan teknologi. MQ FM Jogja mempunyai beberapa program siaran yang tersedia di akun YouTube guna untuk menyebarluaskan konten – kontennya dan menyampaikan pesan tertentu serta memberikan inspirasi dan motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan tentang strategi kreatif konten YouTube dalam media penyiaran MQ FM Jogja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi yang sudah diterapkan oleh MQ FM dalam membuat konten YouTube diantaranya: mudah dibagikan, konsistensi, menentukan target, mudah ditemukan, kolaborasi dan inspirasi. (2) MQ FM belum menerapakan strategi seperti intraktifitas, komunikatif, aksesbilitas, dan keberlanjutan. (3) MQ FM Jogja harus lebih interaktif dan komunikatif dalam merespon komenter audiens di YouTube. (4) Teks dan grafis belum diterapkan MQ FM dalam membuat konten video YouTube.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Bisnis radio, Perkembangan radio, Media digital, YouTube | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:29 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 01:32 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5808 |
Actions (login required)
View Item |