Mustajib, Muhammad (2019) IMPLEMENTASI RIGGING DALAM PEMBUATAN ANIMASI 3D “AZAM DAN ACAN”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (55kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
source code 18.22.2081 Muhammad Mustajib.zip Restricted to Repository staff only Download (165MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_18.22.2081 Muhammad Mustajib.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) |
Abstract
Film animasi 3D memerlukan berbagai tahapan dalam proses pembuatanya mulai dari pra produksi hingga post produksi. Pembuatan aset karakter 3D belum sepenuhnya selesai ketika modelnya selesai dibuat, karakter masih berupa objek statik sama halnya dengan patung yang posenya belum bisa diubah-ubah. Maka tahapan yang harus dilakukan setelah modeling adalah proses penulangan (rigging). Proses ini pada dasarnya terdiri atas pertulangan dan persendian digital yang terhubung dengan model karakter. Adanya tulang dalam karakter 3D memungkinkan perubahan posisi model. Pertulangan dan persendian tersebut kemudian dihubungkan dengan objek pengontrol. Objek pengontrol inilah yang akan digunakan animator untuk mengatur pose karakter. Implementasi rigging untuk karakter 3D "Azam dan Acan" meliputi rigging pada wajah dengan menggunakan fitur shape key, pembuatan IK (Inverse kinematics) dan FK (forward kinematic) kontrol, selain itu dibuat juga IK dan FK toggle untuk mempermudah animator dalam merubah fungsi kontrol IK ke fungsi kontrol FK atau sebaliknya. Karena karakter model “Azam dan Acan” memakai sarung maka proses skinning menjadi proses yang paling penting untuk menghasilkan artikulasi dan pergerakan yang benar, pada sistem kontrol akan dibuat juga custom shape pada kontrol-kontrol utama dengan bentuk yang lebih sederhana sehingga mempermudah animator mengoperasikan karakter 3D ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 3D, rigging, shape key, kontroler, IK dan FK toggle, skinning, custom shape | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Aug 2022 03:49 | ||
Last Modified: | 08 Sep 2023 02:58 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5667 |
Actions (login required)
View Item |