APLIKASI PENGENALAN MASJID JAMI PONTIANAK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY

Chairiansyah, Amirul (2017) APLIKASI PENGENALAN MASJID JAMI PONTIANAK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_12.12.6983 Amirul Chairiansyah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (365MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
publikasi_12.12.6983 Amirul Chairiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Penggunaan android saat ini bisa digunakan sebagai media penyampaian informasi, seperti pengenalan masjid tertua di pontianak. Untuk menarik minat pengunjung dibutuhkan suatu cara yang berbeda agar pengunjung tertarik untuk mengunjungi objek bersejarah yang memiliki nilai histori tersebut. Untuk membantu dalam mempermudah calon pengunjung, diperlukan pemanfaatan teknologi untuk membuat sebuah aplikasi virtual reality yang berfungsi sebagai media visualisasi, sehingga diharapkan dapat mempermudah calon pengunjung mendapatkan gambaran dari objek bersejarah tersebut sebelum mengunjunginya ke tempat tersebut. Virtual reality (kenyataan semu) dipilih karena kelebihannya dalam mendeskripsikan suatu objek bangunan secara 3 dimensi (3D) visual, mengacu pada konsep dimana semua objek seakan dapat dijelajahi seperti dunia aslinya, dapat berjalan menelusuri ke segala arah, memutar dan menjelajahi sekelilingnya. Skripsi ini membahas tentang pembuatan 3D Masjid Jami Pontianak virtual menggunakan virtual reality, pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa C# dan Javascript. Google cardboard digunakan sebagai pendukung smartphone untuk media perangkat virtual reality. Aplikasi ini dibuat menggunakan Unity, sketchup dan adobe photoshop, aplikasi-aplikasi tersebut dipilih karna dirasa cukup bermanfaat digunakan oleh penulis untuk membuat media pengenalan tersebut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Kusnawi
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Virtual reality, Google Cardboard
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:00
Last Modified: 15 Sep 2023 03:16
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5534

Actions (login required)

View Item View Item