REPRESENTASI FEMINISME DALAM IKLAN SHOPEE (Analisis Semiotika Iklan Shopee versi Selamat Hari Kartini untuk Perempuan Indonesia di Youtube)

Sabrina, Putri Ayu (2022) REPRESENTASI FEMINISME DALAM IKLAN SHOPEE (Analisis Semiotika Iklan Shopee versi Selamat Hari Kartini untuk Perempuan Indonesia di Youtube). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (820kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-18.96.0559-Putri Ayu Sabrina - Putri Ayu Sabrina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui representasi feminisme dalam iklan Shopee versi “Selamat hari Kartini untuk perempuan Indonesia” di Youtube. Fokus penelitian ini adalah representasi feminisme yang terkandung dalam iklan “Selamat hari Kartini untuk perempuan Indonesia” yang berdurasi 1 menit 50 detik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik analisis semiotik Charles Sanders Pierce yang memiliki tiga aspek triangle of meaning yaitu representamen, objek, dan interpretant. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik analisis teks media yang berhubungan dengan penyampaian representasi feminisme. Hasil penelitian ini menggambarkan feminisme dalam kesetaraan gender, di mana gerakan feminisme muncul dikarenakan adanya masyarakat patriarki dalam masyarakat. Sehingga memunculkan ideologi feminisme liberal yang mendasarkan pemikirannya pada konsep yang menekankan bahwa perempuan dan laki-laki diciptakan setara dan memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam pekerjaan dengan jabatan apapun. Perlawanan melalui gerakan feminisme liberal tersebut memunculkan perjuangan kelas yang di rancang sebagai bargaining position, sehingga kesenjangan kelas atas dan bawah menyempit dan diharapkan terbentuknya masyarakat tanpa adanya kelas.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Representasi, Feminisme, Perjuangan Kelas, Semiotika Charles S. Pierce
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:29
Last Modified: 21 Aug 2023 06:11
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item