Sabrina, Putri Ayu (2022) REPRESENTASI FEMINISME DALAM IKLAN SHOPEE (Analisis Semiotika Iklan Shopee versi Selamat Hari Kartini untuk Perempuan Indonesia di Youtube). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (820kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (426kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-18.96.0559-Putri Ayu Sabrina - Putri Ayu Sabrina.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui representasi feminisme dalam iklan Shopee versi “Selamat hari Kartini untuk perempuan Indonesia” di Youtube. Fokus penelitian ini adalah representasi feminisme yang terkandung dalam iklan “Selamat hari Kartini untuk perempuan Indonesia” yang berdurasi 1 menit 50 detik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik analisis semiotik Charles Sanders Pierce yang memiliki tiga aspek triangle of meaning yaitu representamen, objek, dan interpretant. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik analisis teks media yang berhubungan dengan penyampaian representasi feminisme. Hasil penelitian ini menggambarkan feminisme dalam kesetaraan gender, di mana gerakan feminisme muncul dikarenakan adanya masyarakat patriarki dalam masyarakat. Sehingga memunculkan ideologi feminisme liberal yang mendasarkan pemikirannya pada konsep yang menekankan bahwa perempuan dan laki-laki diciptakan setara dan memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam pekerjaan dengan jabatan apapun. Perlawanan melalui gerakan feminisme liberal tersebut memunculkan perjuangan kelas yang di rancang sebagai bargaining position, sehingga kesenjangan kelas atas dan bawah menyempit dan diharapkan terbentuknya masyarakat tanpa adanya kelas.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Feminisme, Perjuangan Kelas, Semiotika Charles S. Pierce | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Jun 2022 02:29 | ||
Last Modified: | 21 Aug 2023 06:11 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/539 |
Actions (login required)
View Item |