PENERAPAN TEXTURING DENGAN UV MAPPING PADA 3D MODEL PATUNG LEE KONG CHIAN

Pradana, Verryocta Afuw Putra (2022) PENERAPAN TEXTURING DENGAN UV MAPPING PADA 3D MODEL PATUNG LEE KONG CHIAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (747kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_17.82.0189_Verryocta Afuw P - Verryocta Afuw Putra Pradana.zip
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_17.82.0189_Verryocta Afuw P - Verryocta Afuw Putra Pradana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)

Abstract

Model adalah sebuah objek 3D kompleks yang terdiri dari mesh yang dibagi menjadi bagian bagian berbeda dari tiap objek. Kemudian 3D Modelling adalah proses untuk menciptakan objek 3D yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata, baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran objeknya. Selain pada proses ini, gambar model juga bisa ditampilkan dalam aktivitas simulasi gambaran fisik dikomputer yaitu compositing. Texturing adalah proses pembuatan dan pemberian warna dan material (texture) pada objek yang dimodelkan sebelumnya. Sehingga akan tampak kesan yang nyata. Pemberian material atau tekstur pada objek 3D akan mendefinisikan rupa dan jenis bahan dari objek 3D. Mapping ialah sebuah bentuk kegiatan untuk melakukan pewarnaan atau memetakan permukaan geometri pada objek 3D. Sedangkan maps adalah bentuk gambar atau warna yang digunakan untuk melapisi objek 3D pada saat dilakukan mapping. Dengan kata lain pemetaan texture merupakan pemberian sebuah gambar pada permukaan objek sehingga objek akan tampak realistis. Texture mapping memungkinkan untuk menaruh gambar pada geometric primitive tersebut dan sekaligus mengikuti transformasi yang diterapkan kepada objek.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: 3D Modelling, Texturing, Mapping
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Jun 2022 01:54
Last Modified: 07 Aug 2023 04:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item