Ahadiyanto, Tri Maretno (2018) PEMANFAATAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENENTUAN PROMO KEPADA PELANGGAN DI CV HARMONY TOUR AND TRAVEL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (268kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (61kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Sode_13.12.7582 Tri Maretno Ahadiyanto.zip Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
publikasi_13.12.7582 Tri Maretno Ahadiyanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu pendukung dalam penjualan produk dan jasa adalah promosi dan infomasi. Dengan promosi yang baik mengenai produk atau jasa dapat mendukung informasi ke konsumen dengan baik. Saat ini, muncul sistem-sistem penjualan yang baru. Berbagai cara di lakukan agar dapat meningkatkan minat konsumen. Dengan menggunakan sarana teknologi informasi di harapkan dapat mendukung promosi suatu produk atau jasa tersebut. Ada berbagai cara untuk mempreduksi minat konsumen agar dapat mendukung suatu produk atau jasa. Salah satunya adalah dengan kuesioner, iklan, dll. Namun saat ini teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan cepat. Dengan menggunakan sistem yang di program dengan sebuah algoritma untuk melakukan perhitungan dan klasifikasi sebuah produk atau jasa diharapkan dapat membantu dalam pengambilan keputusan mengenai minat konsumen berdasarkan data penjualan. Pada instansi yang menawarkan jasa maupun produk penjualan akan dapat di peroleh data penjulan. Dengan memanfaatkan data mining pada data tersebut dapat di kelompokan dengan menggunakan teknik clustering. Dari pengelompokan tersebut dapat di hasilkan inforamasi yang baru yang memiliki data serupa. Algoritma yang digunakan untuk mengklasifikasikan data tersebut di sebut algoritma K-Means clustering. Dengan demikina, data tersebut di kelompokan menjadi beberapa infomasi yang dapat mendukung penentuan promosi yang terbaik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Promosi, K-Means, Data Mining, Clustering | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Aug 2022 02:38 | ||
Last Modified: | 12 Sep 2023 03:41 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5277 |
Actions (login required)
View Item |