APLIKASI MOBILE COMMERCE BERBASIS ANDROID PADA TOKO DISTROANIME.COM

Jainul, Ahmad (2017) APLIKASI MOBILE COMMERCE BERBASIS ANDROID PADA TOKO DISTROANIME.COM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.11.4521 Ahmad Jainul.zip
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_10.11.4521 Ahmad Jainul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)

Abstract

DistroAnime.com merupakan sebuah UKM yang berkembang, distro yang menjual pakaian dan aksesoris anime dan manga. Dalam penjualannya yang selama ini dilakukan dengan cara membuka stand pameran di acara terkait, distro, website dan juga sosial media seperti Facebook dan Instagram, namun masih belum mendapatkan konversi penjualan yang maksimal. Pentingnya perolehan jumlah penjualan adalah untuk biaya operasional dan pengembangan, untuk itu dibutuhkan media penjualan baru. Meningkatnya jumlah pengakses internet di Indonesia yang dipengaruhi oleh menjamurnya smartphone Android, tentu saja ini merupakan peluang baru bagi penggiat usaha yang tidak akan dilewatkan. Untuk menjawab peluang tersebut, maka perlu dibuat aplikasi m-commerce berbasis Android, sebelum aplikasi dibuat, maka dibutuhkan beberapa metode. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data wawancara, studi pustaka, dan observasi, sedangkan metode analisis menggunakan SWOT untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Perancangan pada sistem dengan metode UML (Unified Modeling Language), pengembangan sistem menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) model waterfall, dan metode testing sistem dengan menggunakan white-box testing dan black-box testing. Aplikasi Android ini dibuat dengan menggunakan Android Studio 2.1.0, ADT (Android Development Tools), SDK (Software Development Kit), JDK (Java Development Kit) dan admin panel Wordpress, dan perancangan desainnya mengandalkan software grafis Corel Draw X6 untuk desain interface dan Adobe Photoshop CS6 untuk coloring, membuat logo dan splash screen. Hasil dari aplikasi yang dibuat menunjukkan bahwa aplikasi ini bisa digunakan sebagai media promosi dan penjualan yang ditujukan untuk pengguna Android. Fitur yang telah terintegrasi didalam aplikasi diantaranya: jasa ekdpedisi JNE regular, tracking, katalog produk, pricelist dan blog. Navigasi aplikasi juga bisa mudah dipahami oleh pengguna awam sekalipun (user friendly), dan bisa digunakan oleh pengguna Android untuk berbelanja dimana saja dan kapan saja. Aplikasi ini berdasarkan aplikasi mobile webview dengan penambahan beberapa fitur seperti fullscreen, fungsi back, tanpa redirect, loading, notifikasi exit dan splashscreen. Untuk menjalankan aplikasi DistroAnime, pengguna diharuskan menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android minimal v4.4.4 KitKat atau yang lebih baru dan terkoneksi dengan internet dengan minimal jaringan 3G atau koneksi yang lebih stabil.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saputra, Erik Hadi
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Android, Mobile, Ecommerce, Webview, Toko Online, Distro, Anime, Smartphone
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:47
Last Modified: 15 Sep 2023 02:14
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4724

Actions (login required)

View Item View Item