ANALISIS PEMANFAATAN COMPUTER GENERATE IMAGERY (CGI) DALAM PEMBUATAN MODEL REALISTIC HUMAN CHARACTER MENGGUNAKAN MAKEHUMAN DAN BLENDER

Myarta, Afrian Rena (2017) ANALISIS PEMANFAATAN COMPUTER GENERATE IMAGERY (CGI) DALAM PEMBUATAN MODEL REALISTIC HUMAN CHARACTER MENGGUNAKAN MAKEHUMAN DAN BLENDER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_13.11.7280 Afrian Rena Myarta.zip
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_13.11.7280 Afrian Rena Myarta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banyak film-film layar lebar menggunakan teknologi komputer/Computer Generate Imagery (CGI) dengan berbagai special effect dalam proses pembuatannya, sehingga menghasilkan suatu ilustrasi yang nyata. CGI adalah penerapan teknologi komputer grafik dimana istilah “CGI” paling sering digunakan untuk merujuk kepada komputer grafik 3 dimensi (3D) yang digunakan untuk membuat citra dalam seni, video game, film, iklan, dan simulator. Dalam proses pembuatan yang berbasis CGI tidaklah mudah, meskipun telah tersedia banyak perangkat lunak CGI dan kecepatan komputer yang meningkat sehingga memungkinkan seniman individu dan perusahaan kecil untuk memproduksi film berkelas profesional, games, dan seni rupa dari PC. Akan tetapi seorang pengguna juga harus memiliki keahlian yang tinggi dalam menerapkan berbagai software CGI khususnya dalam pembuatan model manusia realistis termasuk dibutuhkan keahlian dan kreatifitas dalam membentuk topology tubuh manusia berdasarkan jenis kelamin, umur, bentuk wajah, dan proporsi tubuh yang bermacam-macam. Oleh karena itu penulis memberikan solusi mudah bagi para ilustrator, animator, maupun game developer terutama pada divisi design character agar mampu menghasilkan sebuah karakter manusia nyata dalam wujud 3D dengan mengkombinasikan penggunaan software MakeHuman dengan Blender.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: CGI, 3D, film, game, karakter
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:12
Last Modified: 15 Sep 2023 07:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4553

Actions (login required)

View Item View Item