PENERAPAN ASSOCIATION RULE MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN Studi Kasus : website nasaofficial.com

Harianto, Wisnu Dwi (2018) PENERAPAN ASSOCIATION RULE MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN Studi Kasus : website nasaofficial.com. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (943kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.11.7884 Wisnu Dwi Harianto.zip

Download (3MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 14.11.7884 Wisnu Dwi Harianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)

Abstract

Nasaofficial.com adalah salah satu toko online mitra dari PT. Natural Nusantara (PT. NASA) yang menjual berbagai produk agrokompleks meliputi produk pertanian, perkebunan, perikanan, kesehatan dan produk rumah tangga. Dari data transaksi yang terus bertambah, pemilik toko kesulitan mengetahui pola pembelian konsumen secara akurat. Padahal, pola pembelian para konsumen dapat membantu menentukan strategi yang dapat menunjang proses bisnis perusahaan. Pada penelitian kali ini dilakukan penerapan association rule mining untuk membantu menentukan pola pembelian konsumen. Teknik association rule mining yang digunakan adalah algoritma apriori yang diterapkan pada aplikasi berbasis web untuk menganalisis data transaksi nasaofficial.com. Untuk mendapatkan hasil analisis secara akurat ditambahkan perhitungan lift ratio. Dengan menerapkan metode tersebut diharapkan dapat menghasilkan pola pembelian konsumen yang dapat menjadi acuan dalam pendukung keputusan pemilik toko. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan association rule mining menggunakan algoritma apriori berhasil diterapkan pada aplikasi. Aturan asosiasi tertinggi yang dihasilkan pada data transaksi 1 tahun terakhir adalah jika konsumen membeli viterna (vitamin ternak natural) dan hormonik maka membeli POC NASA dengan nilai support sebesar 23% dan nilai confidence 96%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hayaty, Mardhiya
Uncontrolled Keywords: algoritma apriori, association rule, lift ratio, data transaksi.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:52
Last Modified: 12 Sep 2023 07:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item View Item