Nugroho, Fajar Dwi (2018) PEMBUATAN POP UP BOOK ANIMATION CERITA MALIN KUNDANG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (987kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (288kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.11.3683 Fajar Dwi Nugroho.zip Restricted to Repository staff only Download (344MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_10.11.3683 Fajar Dwi Nugroho.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Membaca adalah keterampilan penting yang harus diajarkan di sekolah dasar. Hal ini sejalan dengan tujuan pengajaran bahasa Inggris kepada pelajar muda seperti yang dinyatakan dalam Standar Isi 2006. Dinyatakan bahwa salah satu tujuan pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar adalah untuk mengembangkan kompetensi komunikasi dengan cara terbatas sebagai tindakan yang menyertainya di konteks sekolah. Selanjutnya, pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar harus mencakup komunikasi lisan terbatas di mana membaca dan menulis bermain sebagai keterampilan pendukung untuk pengajaran dan pembelajaran kompetensi komunikasi. Bahan buku pop-up dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar membaca untuk siswa kelas lima dalam semester pertama. Peneliti mengadaptasi kerangka penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall (1983). Ada delapan langkah yang dikelola selama pengembangan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk, (3) validasi produk, (4) revisi produk, (5) uji coba produk, (6) revisi produk, (7) uji coba produk, dan (8) produksi akhir. Studi ini mengungkapkan bahwa medium tersebut menarik para siswa. Mereka tertarik dengan penyajian buku popup sebagai media instruksi serta bahan ajar. Para siswa antusias dan mereka bersedia membaca dengan bantuan buku pop- up karena berisi gambar-gambar berwarnawarni. Sebagai hasilnya, peneliti menemukan bahwa buku pop-up Bahasa Inggris dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah buku pop-up sembilan halaman. Ini adalah 18 cm lebar dan 32 cm panjangnya. Setiap halaman berisi cerita teks dan satu ilustrasi. Peneliti menggunakan warna hitam sebagai latar belakang dan warna utama dari buku pop-up. Diharapkan untuk memberikan kontras untuk gambar. Namun, setiap halaman di buku pop-up memiliki desain tema yang berbeda dan warna yang berbeda untuk menghindari kebosanan. Selain itu, setiap halaman dilengkapi dengan gambar yang berdiri dengan warna-warni sebagai ilustrasi. Mengacu pada hasil penelitian, diharapkan bahwa buku pop-up berlaku untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendorong pelajar muda untuk membaca
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, animasi, pop-up book, aktivitas membaca, pop-up book, Activity Reading, research and development | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 03:07 | ||
Last Modified: | 13 Sep 2023 01:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4493 |
Actions (login required)
View Item |