Ikram, Muh Wal (2019) ANALISIS DAN PEMBUATAN GAME TRADISIONAL JAWA JEMPARINGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (57kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_15.11.8574 Muh Wal Ikram.zip Restricted to Repository staff only Download (111MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_15.11.8574 Muh Wal Ikram.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Jemparingan adalah seni memanah gaya Mataram yang dulu sering digelar di seluruh wilayah kerajaan kuno Yogyakarta. Jemparingan awalnya hanya dimainkan oleh anggota keluarga kerajaan dan orang-orang lain yang dianggap punya sosial tinggi. Dalam perkembangannya, seni memanah ini menjadi olahraga oleh semua orang. Pada zaman sekarang ini, kebudayaan semakin dilupakan oleh generasi muda dengan masuknya budaya barat. Hal ini disebabkan beberapa faktor permasalahan yang membuat budaya dalam negeri semakin kurang peminatnya baik dari masyarakat sendiri yang kurang melestarikan budayanya maupun generasi muda yang tidak mau belajar akan budayanya sendiri. Dengan memanfaatkan teknologi dan informasi yang canggih saat ini, suatu aplikasi berupa game jemparingan mataraman berbasis android diharapkan dapat memberikan hiburan sekaligus membuat generasi muda mengenal budaya seni memanah ini dan dapat melestarikannya. Berkaca pada sifat dasar anak muda yang menyukai hiburan dan tantangan, maka media pengenalan berbasis multimedia menjadi pilihan yang baik untuk mengemasnya. Perpaduan antara teks, gambar, suara dan video aplikasi game ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam melestarikan budaya Jemparingan mataraman yang ada di Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Jemparingan, game, seni, Yogyakarta | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 04:14 | ||
Last Modified: | 06 Sep 2023 04:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4297 |
Actions (login required)
View Item |