ANALISIS DAN PEMBUATAN GAME TRADISIONAL JAWA JEMPARINGAN

Ikram, Muh Wal (2019) ANALISIS DAN PEMBUATAN GAME TRADISIONAL JAWA JEMPARINGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_15.11.8574 Muh Wal Ikram.zip
Restricted to Repository staff only

Download (111MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_15.11.8574 Muh Wal Ikram.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jemparingan adalah seni memanah gaya Mataram yang dulu sering digelar di seluruh wilayah kerajaan kuno Yogyakarta. Jemparingan awalnya hanya dimainkan oleh anggota keluarga kerajaan dan orang-orang lain yang dianggap punya sosial tinggi. Dalam perkembangannya, seni memanah ini menjadi olahraga oleh semua orang. Pada zaman sekarang ini, kebudayaan semakin dilupakan oleh generasi muda dengan masuknya budaya barat. Hal ini disebabkan beberapa faktor permasalahan yang membuat budaya dalam negeri semakin kurang peminatnya baik dari masyarakat sendiri yang kurang melestarikan budayanya maupun generasi muda yang tidak mau belajar akan budayanya sendiri. Dengan memanfaatkan teknologi dan informasi yang canggih saat ini, suatu aplikasi berupa game jemparingan mataraman berbasis android diharapkan dapat memberikan hiburan sekaligus membuat generasi muda mengenal budaya seni memanah ini dan dapat melestarikannya. Berkaca pada sifat dasar anak muda yang menyukai hiburan dan tantangan, maka media pengenalan berbasis multimedia menjadi pilihan yang baik untuk mengemasnya. Perpaduan antara teks, gambar, suara dan video aplikasi game ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam melestarikan budaya Jemparingan mataraman yang ada di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sutanto, Yudi
Uncontrolled Keywords: Jemparingan, game, seni, Yogyakarta
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:14
Last Modified: 06 Sep 2023 04:54
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4297

Actions (login required)

View Item View Item