PEMBUATAN MEDIA PROMOSI KERAJINAN ANGKLUNG MITRA USAHA OPONG DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LIVE SHOOT DAN MOTION GRAPHIC 2D

Rahadian, Dara (2018) PEMBUATAN MEDIA PROMOSI KERAJINAN ANGKLUNG MITRA USAHA OPONG DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LIVE SHOOT DAN MOTION GRAPHIC 2D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_14.11.7952 Dara Rahadian.zip
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.7952 Dara Rahadian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)

Abstract

Mitra Usaha Opong sebagai kelompok pengrajin angklung yang terdapat di Lingkungan Cibulan, Kecamatan Banjar, Kota Banjar Patroman sampai sekarang tetap konsisten dalam membuat kerajinan angklung, serta melakukan beberapa perubahan dalam pembuatan angklung sehingga keberadaannya merupakan bagian dari sektor industri kreatif yang mempunyai potensi serta peluang yang sangat besar untuk dikembangkan. Untuk mempromosikannya tentu harus melalui media yang tepat agar bisa menjangkau lebih banyak orang sekaligus memperkenalkan angklung sebagai warisan budaya yang telah diakui UNESCO. Perancangan pembuatan media promosi dimulai dari penelitian yang dilakukan melalui metode penelitian pengumpulan data yaitu kepustakaan, observasi dan wawancara, lalu analisis data SWOT dan kemudian terakhir melalui metode perancangan produksi multimedia yaitu tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi dan terciptalah sebuah video promosi. Untuk itu multimedia mempunyai peranan penting dalam penyebaran informasi. Karena kelebiihan multimedia adalah menarik indra dan minat. Khususnya pada teknik videografi sangat tepat sebagai sarana untuk mempromosikan potensi suatu kerajinan daerah, karena videografi terlihat lebih simple, modern, nyata, serta mudah di pahami. Pembuatan media promosi melalui video live shoot dan motion graphic 2D diharapkan dapat membawa dampak besar kepada kerajinan angklung.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kharisma, Rizqi Sukma
Uncontrolled Keywords: Angklung, Media Promosi, Motion Graphic, Video
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:52
Last Modified: 06 Sep 2023 03:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4219

Actions (login required)

View Item View Item