Muzaky, Wildan (2019) PERANCANGAN FILM ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK FRAME BY FRAME BERJUDUL ”KESATRIA SUBUH”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.9168 Wildan Muzaky.zip Restricted to Repository staff only Download (329MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 15.11.9168 Wildan Muzaky.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) |
Abstract
Teknik frame by frame dalam pembuatan animasi telah mengalami perkembangan yang luar biasa hingga masuk ke era digital. Meskipun teknik ini terkesan traditional, namuk teknik ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan teknik animasi komputational lainnya. Diantaranya adalah teknik frame by frame mampu mengvisualisasikan gerakan karakter seperti gerakan berputar, meloncat, berubah, ekspresi, dan gerakan aksi karakter lainnya. Pada penelitian ini penulis mengusung cerita perjuangan seorang pemuda dalam menggapai cintanya. Dalam cerita tersebut banyak adegan yang membutuhkan visuasisasi karakter yang baik, untuk itulah penulis memilih menggunakan teknik frame by frame dalam memvisualisasi gerak pada animasi tersebut. Dari penelitian ini dihasilkan animasi 2D “Kesatria Subuh” yang dalam pembuatannya melalui beberapa tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. sebelum dipublish animasi ini melalui bebrapa pengujian yang diantaranya penujian aspek cerita yang mendapatkan score 83,3% dan uji aspek tampilan mendapatkan score 84,8% yang artinya animasi ini sudah sangat baik dalam penyampaian cerita maupun dari tampilannya. Dipenelitian ini juga ditemukan bahwa dalam pembuatan animasi 2D harus memperhatikan seperti pematangan ide cerita, kebutuhan frame yang dipakai pada setiap gerakan, singkronisasi suara dengan animasi, singkronisasi background dengan karakter, dan pengambilan sudut pandang kamera agar animasi yang dihasilkan menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | animasi 2D, teknik frame by frame, teknik computational | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:04 | ||
Last Modified: | 07 Sep 2023 01:58 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4123 |
Actions (login required)
View Item |