PERANCANGAN FILM ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK FRAME BY FRAME BERJUDUL ”KESATRIA SUBUH”

Muzaky, Wildan (2019) PERANCANGAN FILM ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK FRAME BY FRAME BERJUDUL ”KESATRIA SUBUH”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.9168 Wildan Muzaky.zip
Restricted to Repository staff only

Download (329MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 15.11.9168 Wildan Muzaky.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Teknik frame by frame dalam pembuatan animasi telah mengalami perkembangan yang luar biasa hingga masuk ke era digital. Meskipun teknik ini terkesan traditional, namuk teknik ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan teknik animasi komputational lainnya. Diantaranya adalah teknik frame by frame mampu mengvisualisasikan gerakan karakter seperti gerakan berputar, meloncat, berubah, ekspresi, dan gerakan aksi karakter lainnya. Pada penelitian ini penulis mengusung cerita perjuangan seorang pemuda dalam menggapai cintanya. Dalam cerita tersebut banyak adegan yang membutuhkan visuasisasi karakter yang baik, untuk itulah penulis memilih menggunakan teknik frame by frame dalam memvisualisasi gerak pada animasi tersebut. Dari penelitian ini dihasilkan animasi 2D “Kesatria Subuh” yang dalam pembuatannya melalui beberapa tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. sebelum dipublish animasi ini melalui bebrapa pengujian yang diantaranya penujian aspek cerita yang mendapatkan score 83,3% dan uji aspek tampilan mendapatkan score 84,8% yang artinya animasi ini sudah sangat baik dalam penyampaian cerita maupun dari tampilannya. Dipenelitian ini juga ditemukan bahwa dalam pembuatan animasi 2D harus memperhatikan seperti pematangan ide cerita, kebutuhan frame yang dipakai pada setiap gerakan, singkronisasi suara dengan animasi, singkronisasi background dengan karakter, dan pengambilan sudut pandang kamera agar animasi yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Kusnawi
Uncontrolled Keywords: animasi 2D, teknik frame by frame, teknik computational
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:04
Last Modified: 07 Sep 2023 01:58
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4123

Actions (login required)

View Item View Item