STRATEGI PEMASARAN UNTUK MEMPERKENALKAN DAYA TARIK WISATA WATU GOYANG (Studi Kasus Pada Wisata Watu Goyang)

Kurniawan, Ikhfan Yusuf (2022) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MEMPERKENALKAN DAYA TARIK WISATA WATU GOYANG (Studi Kasus Pada Wisata Watu Goyang). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER - ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.96.0780-Ikhfan Yusuf Kurniawan - Ikhfan Yusuf Kurniawan 0780.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)

Abstract

Wisata Watu Goyang memiliki nilai sejarah yang cukup menarik, lokasinya pun di pinggir jalan utama wisata Mangunan, dan sudah menerapkan beberapa strategi pemasaran, namun jumlah pendapatan Wisata Watu Goyang setiap tahunnya masih kurang stabil dan kondisi wisatanya masih terbilang sepi. Dari situ penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah yang pertama Bagaimanakah strategi pemasaran Wisata Watu Goyang guna memperkenalkan daya tarik wisatanya dan meningkatkan jumlah kunjungan wisata, yang kedua Bagaimanakah kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari Wisata Watu Goyang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran untuk memperkenalkan daya tarik Wisata Watu Goyang dan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada Wisata Watu Goyang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kekuatan yang dimiliki Wisata Watu Goyang yaitu produk berupa pemandangan alam dan pemandangan sunset di sore hari serta track Jeep di dalam area wisata, harga meliputi tarif masuk, tarif parkir, tarif track Jeep, dan harga di warung makan yang murah dan terjangkau, tempat atau lokasinya yang strategis, pengelolanya ramah dan sopan kepada pengunjung, bukti fisik seperti spot foto, toilet, warung makan, dan track Jeep, dan proses pelayanan yang komunikatif, ramah, dan sopan. Kemudian kelemahannya yaitu harga sewa pendopo yang terlalu mahal dan kurang sesuai, promosi yang dilakukan masih kurang stabil, kurangnya SDM di bagian promosi online, sebagian produk yang ditawarkan kurang terawat, dan tempat atau lokasi berupa jalan masuk masih cor blok nanjak tinggi dan jalan naik bukit sebagian masih bebatuan. Kemudian peluangnya yaitu keunggulan pemandangan alam, sunset, dan pemandangan kota di malam hari yang indah, tempat atau lokasinya yang strategis, pengembangan wisata mengikuti trend saat ini, dan menjalin kerjasama dengan penyedia jasa Jeep Wisata. Terakhir ancaman yang dimiliki Wisata Watu Goyang yaitu munculnya wisata baru yang serupa dan berkembangnya wisata sekitar, gencarnya promosi yang dilakukan kompetitor, dan faktor cuaca terutama pada musim hujan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mahendra, Angga Intueri
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Pariwisata
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:06
Last Modified: 08 Jun 2022 03:06
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item