Ashofa, M Jembar (2019) ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP KUALITAS DAN PELAYANAN JNE MENGGUNAKAN ALGORITMA RANDOM FOREST. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (856kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_ 15.11.9333 M Jembar Ashofa.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_ 15.11.9333 M Jembar Ashofa.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
Abstract
JNE atau nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengiriman dan logistik. Internet saat ini menjadi cara berkomunikasi yang sangat efisien, karena berbagai lapisan masyarakat Indonesia hampir bisa menggunakan internet. Begitu juga dengan penyedia jasa, banyak yang menggunakan sosial media sebagai pelayanan terhadap pelanggannya. Untuk mengetahui pelanggan puas atau tidak, maka harus melalui proses peninjauan atau analisis data yang telah tersedia menggunakan metode sentimen analisis. Data yang akan diambil dan diolah adalah tweet dari pelanggan jasa pengiriman JNE mengenai pelayanan pihak pengiriman jasa tersebut. Data diperoleh dengan cara scrapping menggunakan alat dari pihak ketiga yaitu TAGSv6.1, lalu data yang didapat dengan scrapping tersebut akan dirapihkan dengan melakukan penghapusan simbol, ubah ke huruf kecil, hapus kata yang tidak perlu, setelah itu kalimat dibagi menjadi kata tersendiri untuk dicari bobot dari kata tersebut. Selanjutnya menggunakan algoritma random forest dengan metode information gain dan gini, data dilatih dengan label yang sudah diberi yaitu positif,netral dan negatif. Hasil akurasi yang didapat menggunakan information gain adalah sebesar 67.61% dan gini sebesar 67.33%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | random forest, gini, analisis sentimen, data mining, entropy | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Jul 2022 07:18 | ||
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:15 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4063 |
Actions (login required)
View Item |