PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM PENGENALAN TATA SURYA

Dhani, Rohmat (2022) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM PENGENALAN TATA SURYA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (646kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.1852-Rohmat Dhani - 1852 Rohmat Dhani.rar
Restricted to Repository staff only

Download (596MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.1852-Rohmat Dhani - 1852 Rohmat Dhani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)

Abstract

Perkembangan teknologi begitu pesat pada masa sekarang ini. Banyak berbagai bidang yang memanfaatkan teknologi, salah satu nya yaitu bidang Pendidikan. Dalam bidang Pendidikan, teknologi berperan sebagai media penyampaian sebuah pembelajaran atau materi kepada siswa dengan cara yang menarik dan lebih mudah dipahami. Augmented reality merupakan salah satu perkembangan teknologi yang dapat menggabungkan antara dunia maya (virtual) dengan dunia nyata (real). Dalam bidang Pendidikan penyampaian materi hanya menggunakan buku berupa teks atau gambar 2D sebagai sarana belajar, penyampaian materi yang seperti ini dianggap kurang efektif dalam menunjang semangat dan antusias belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pengenalan tata surya dengan menerapkan teknologi Augmented Reality yang dikemas dalam bentuk aplikasi berbasis Android. Dengan menggunakan metode ADDIE dalam pengembangan aplikasi yang memiliki 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode ini sangat cocok digunakan dalam pengembangan bahan ajar. Aplikasi ini dibuat dengan Software Unity 3D dan aplikasi ini dapat menampilkan sebuah objek tata surya berupa 3D dengan animasi planet berputar sehingga memberikan kesan yang nyata dan terdapat penjelasan tata surya melalui teks maupun suara yang dapat dipahami oleh peserta didik. Adapun kuis yang dapat mengasah materi yang sudah didapat dari penjelasan materi tata surya. Hasil pengembangan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi pendidik dalam penyampaian materi tata surya dan aplikasi ini dapat menumbuhkan motivasi dan antusias peserta didik dalam pembelajaran tata surya. Selain itu aplikasi ini dapat dijadikan sebagai alat peraga oleh pendidik dalam pembelajaran dan juga alat peraga belajar mandiri oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Tata Surya, Media Pembelajaran Interaktif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:56
Last Modified: 08 Aug 2023 02:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item View Item