Adji, Bernardhinus Angky Wisnu (2022) IMPRESSION MANAGEMENT DEDDY CORBUZIER DALAM PERTANDINGAN CATUR “DEWA_KIPAS VS IRENE SUKANDAR”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (844kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (568kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (312kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0306-Bernardhinus Angky Wisnu Adji - Ernard Anky.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
Abstract
INTISARI Impression management sangat umum digunakan pada saat ini untuk berbagai tujuan tertentu, terutama pengelolaan kesan yang dilakukan melalui new media seperti YouTube misalnya. Pengelolaan kesan ini dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk tokoh publik seperti Deddy Corbuzier. Namanya jadi sorotan publik ketika ia menjadi penengah sekaligus penyelenggara pertandingan catur “Dewa_Kipas VS Irene Sukandar” pada bulan Maret 2021 lalu. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis pengelolaan kesan oleh Deddy Corbuzier melalui media channel YouTube miliknya dalam menyelenggarakan pertandingan “Dewa_Kipas VS Irene Sukandar”. Metode analisis isi kualitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis lima video unggahan pada channel Deddy Corbuzier yang berkaitan dengan pertandingan catur tersebut. Hal ini dilakukan agar peneliti dapat melihat bagaimana impression management yang ia lakukan selama periode pertandingan. Penelitian ini menemukan bahwa Deddy Corbuzier menggunakan semua taktik milik Jones & Pittman (1982), namun tidak pada semua tindakan dalam taktik tersebut. Sedangkan taktik yang paling sering digunakan adalah ingratiation dan self promotion, karena kedua taktik tersebut merupakan perpaduan terbaik untuk membuat dirinya nampak menarik, baik hati, cerdas dan kompeten sebagai seorang tokoh publik di mata para penonton channel YouTubenya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | New Media, Deddy Corbuzier, Dewa_Kipas, Irene Sukandar, Impression ManagementAbstract | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 08:03 | ||
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:25 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/360 |
Actions (login required)
View Item |