IMPRESSION MANAGEMENT DEDDY CORBUZIER DALAM PERTANDINGAN CATUR “DEWA_KIPAS VS IRENE SUKANDAR”

Adji, Bernardhinus Angky Wisnu (2022) IMPRESSION MANAGEMENT DEDDY CORBUZIER DALAM PERTANDINGAN CATUR “DEWA_KIPAS VS IRENE SUKANDAR”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (844kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0306-Bernardhinus Angky Wisnu Adji - Ernard Anky.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)

Abstract

INTISARI Impression management sangat umum digunakan pada saat ini untuk berbagai tujuan tertentu, terutama pengelolaan kesan yang dilakukan melalui new media seperti YouTube misalnya. Pengelolaan kesan ini dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk tokoh publik seperti Deddy Corbuzier. Namanya jadi sorotan publik ketika ia menjadi penengah sekaligus penyelenggara pertandingan catur “Dewa_Kipas VS Irene Sukandar” pada bulan Maret 2021 lalu. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis pengelolaan kesan oleh Deddy Corbuzier melalui media channel YouTube miliknya dalam menyelenggarakan pertandingan “Dewa_Kipas VS Irene Sukandar”. Metode analisis isi kualitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis lima video unggahan pada channel Deddy Corbuzier yang berkaitan dengan pertandingan catur tersebut. Hal ini dilakukan agar peneliti dapat melihat bagaimana impression management yang ia lakukan selama periode pertandingan. Penelitian ini menemukan bahwa Deddy Corbuzier menggunakan semua taktik milik Jones & Pittman (1982), namun tidak pada semua tindakan dalam taktik tersebut. Sedangkan taktik yang paling sering digunakan adalah ingratiation dan self promotion, karena kedua taktik tersebut merupakan perpaduan terbaik untuk membuat dirinya nampak menarik, baik hati, cerdas dan kompeten sebagai seorang tokoh publik di mata para penonton channel YouTubenya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rhizky, Deani Prionazvi
Uncontrolled Keywords: New Media, Deddy Corbuzier, Dewa_Kipas, Irene Sukandar, Impression ManagementAbstract
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:03
Last Modified: 07 Aug 2023 06:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item