ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI INSTAGRAM. (Studi Kasus: Pada PT. Mandiri Jogja International (M-JOINT) Dalam Mempromosikan Produk Kulit Merek Bucini Melalui Akun @Bucinishop Pada Tahun 2019-2021).

Prayoga, Christoforus Pandu (2022) ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI INSTAGRAM. (Studi Kasus: Pada PT. Mandiri Jogja International (M-JOINT) Dalam Mempromosikan Produk Kulit Merek Bucini Melalui Akun @Bucinishop Pada Tahun 2019-2021). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0268-Christoforus Pandu Prayoga - Christoforus Pandu Prayoga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Kemajuan teknologi dalam komunikasi memunculkan media komunikasi baru seperti media sosial, yang salah satunya adalah instagram. Munculnya era media sosial mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia tak terkecuali dalam berbisnis. Dengan munculnya era media sosial, sebuah bisnis dan merek selain diberikan pilihan dalam memilih media untuk memasarkan produknya, juga diberikan kesempatan yang sama untuk mencapai kesuksesan dalam berpromosi. Namun disamping itu dengan cepatnya perkembangan media baru ini tidak diimbangi dengan berkembangnya kesadaran masyarakat atau pelaku bisnis tentang media ini, terutama dari mereka yang bergerak dalam usaha berskala kecil dan menengah, Insi Nantika Jelita melalui artikelnya di mediaindonesia.com (2021) melaporkan bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa baru 9% pelaku UMKM di Indonesia yang memanfaatkan platform digital, dalam hal ini baru 8 juta unit UMKM yang memanfaatkan platform digital. Beliau memaparkan, jumlah unit UMKM yang terdigitalisasi baru mencapai delapan juta unit dan lebih dari 160 juta masyarakat Indonesia yang menggunakan media sosial. Pada Penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, dimana kedua metode dan pendekatan tersebut dipilih agar peneliti dapat menginterpretasi dan menggambarkan secara dalam mengenai strategi apa saja yang bucini lakukan dalam melakukan promosi di instagram Penelitian ini juga menggunakan bucini dan media sosial instagramnya sebagai subjek dan objek penelitian. Dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data antara lain wawancara, dokumentasi, dan observasi, yang diolah dengan menggunakan metode analisis data: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan beberapa hal berikut diantaranya: Dalam 3 tahun terakhir dalam setiap strategi dan pendekatan promosinya di instagram, bucini selalu berusaha mengikuti momen yang terjadi di masyarakat, bahasa dan pesan yang disampaikan bucini cukup sederhana namun dengan tetap memancing minat beli konsumen dengan penggunaan formula AIDA dalam setiap pesannya, penggunaan fitur-fitur utama di dalam instagram sudah dijalankan dengan sangat baik dalam menyalurkan konten informasi seputar produk dan merek, pengimplementasian bauran promosi yang berfungsi untuk menentukan arah dan tujuan dari kegiatan-kegiatan promosi mereka. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penggunaan instagram sebagai media promosi sudah cukup baik dilakukan oleh bucini, namun masih ada beberapa fitur yang masih belum mereka manfaatkan secara baik, beberapa fitur tersebut sepertifitur live dan instagram ads. Maka dari itu diharapkan bagi bucini untuk dapat mengembangkan lagi penggunaan fitur yang cukup potensial ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ajibulloh, Alvian Alrasid
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Media Sosial, Promosi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 07:57
Last Modified: 07 Aug 2023 06:20
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item