Syaputra, Andri (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN RIGGING PADA KARAKTER ZEOR 3D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (113kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-18.82.0476-Andri Syaputra - Andri Syaputra.rar Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.82.0476-Andri Syaputra - Andri Syaputra.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
Abstract
Dalam pembuatan animasi khususnya animasi dalam bidang 3D terdapat suatu proses yang disebut rigging. Rigging merupakan metode pemberian atau pemasangan tulang pada karakter animasi agar bisa digerakan. Penulis ini akan membahas tentang perancangan dan pembuatan rigging pada karakter zeor 3D. Karakter zeor merupakan karakter fantasi, merupakan karakter hasil eksperimen ilegal zendra, akibat eksperimen ini zeor memiliki 4 (empat) tangan dan ekor. Dari ke empat tangannya dua tangan di bagian belakang seperti tanduk yang tajam yang berfungsi untuk melindungi dirinya dari berbagai ancaman, dengan demikian karakter harus mempunyai rigging yang sesuai dengan anatomi dan kebutuhan karakter dengan cara membuat kerangkah rigging secara manual pada karakter zeor. Dari perancangan dan Pembuatan karangka rigging pada karakter zeor dapat menghasilkan kerangka rigging yang sesuai dengan anatomi dan kebutuhan karakter zeor, pembuatan dan perancangan rigging ini menggunakan Software Autodeks Maya, pada tahap rendering animasi zeor, penulis memanfaatkan plugin plasyblast yang telah mempercepat pengerjaannya. Dalam pembuatan skripsi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pembaca khususnya yang akan membuat film animasi 3D.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 3D, Zeor, rigging, karakter. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Jul 2022 05:44 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 03:11 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3540 |
Actions (login required)
View Item |