PERANCANGAN DAN PEMBUATAN RIGGING PADA KARAKTER ZEOR 3D

Syaputra, Andri (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN RIGGING PADA KARAKTER ZEOR 3D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-18.82.0476-Andri Syaputra - Andri Syaputra.rar
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.82.0476-Andri Syaputra - Andri Syaputra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Dalam pembuatan animasi khususnya animasi dalam bidang 3D terdapat suatu proses yang disebut rigging. Rigging merupakan metode pemberian atau pemasangan tulang pada karakter animasi agar bisa digerakan. Penulis ini akan membahas tentang perancangan dan pembuatan rigging pada karakter zeor 3D. Karakter zeor merupakan karakter fantasi, merupakan karakter hasil eksperimen ilegal zendra, akibat eksperimen ini zeor memiliki 4 (empat) tangan dan ekor. Dari ke empat tangannya dua tangan di bagian belakang seperti tanduk yang tajam yang berfungsi untuk melindungi dirinya dari berbagai ancaman, dengan demikian karakter harus mempunyai rigging yang sesuai dengan anatomi dan kebutuhan karakter dengan cara membuat kerangkah rigging secara manual pada karakter zeor. Dari perancangan dan Pembuatan karangka rigging pada karakter zeor dapat menghasilkan kerangka rigging yang sesuai dengan anatomi dan kebutuhan karakter zeor, pembuatan dan perancangan rigging ini menggunakan Software Autodeks Maya, pada tahap rendering animasi zeor, penulis memanfaatkan plugin plasyblast yang telah mempercepat pengerjaannya. Dalam pembuatan skripsi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pembaca khususnya yang akan membuat film animasi 3D.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Bernadhed
Uncontrolled Keywords: Animasi 3D, Zeor, rigging, karakter.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Jul 2022 05:44
Last Modified: 05 Aug 2023 03:11
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item View Item