PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN PAKAIAN ADAT SUKU DAYAK DAN SUKU ROTE MEMANFAATKAN AR FILTER INSTAGRAM UNTUK TINGKAT SMP

Dewa, Wahyu Ulta Pratasa (2022) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN PAKAIAN ADAT SUKU DAYAK DAN SUKU ROTE MEMANFAATKAN AR FILTER INSTAGRAM UNTUK TINGKAT SMP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (402kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
fiks - Source Code-18.11.2055-Wahyu Ulta Pratasa Dewa - Wahyu Ulta Pratasa Dewa.rar
Restricted to Repository staff only

Download (72MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.2055-Wahyu Ulta Pratasa Dewa - Wahyu Ulta Pratasa Dewa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bangsa Indonesia memiliki banyaknya keanekargamanan suku bangsa. Tercatat Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air menurut sensus BPS Tahun 2010. Berpangkal pada adat istiadat yang beragam dan nilai-nilai budaya yang berbeda satu dengan yang lainnya, Indonesia memiliki pakaian adat daerah yang beragam. Pakaian adat merupakan sebuah warisan kebudayaan yang tentunya memiliki makna mendalam pada tiap masing-masing daerah. Namun seiring perkembangan zaman, nilai nasionalisme terhadap pakaian adat kini kian memudar. Perlu adanya sebuah solusi yang dapat memperkenalkan pakaian-pakaian adat ini dengan cara menarik. Hal ini memicu penulis untuk memanfaatkan teknologi membuat sebuah cara pengenalan pakaian adat yang dapat digunakan sebagai sarana belajar yang interaktif. yaitu dengan cara memanfaatkan salah satu media sosial banyak diminati khususnya bagi generasi Z yaitu media sosial Instagram dengan memanfaatkan fitur filternya sebagai media pengenalan pakaian adat. Langkah pertama adalah melakukan observasi terhadap rumusan masalah yang akan diangkat, kedua merancang pakaian adat kedalam 3D modelling menggunakan aplikasi blender. Selanjutnya merancang tampilan aplikasi sebagai sarana untuk mengenalkan pakaian adat ini, keempat menerapkan 3D model pakaian adat kedalam filter Instagram menggunakan SparkAR, terakhir penerapan desain aplikasi dan pengujian media pembelajaran dengan aplikasi Instagram ini menggunakan kuesioner penelitian kepada Siswa/Siswi SMP. Hasil penelitian menunjukan bahwa tampilan AR pakaian adat yang dirancang dan diterapkan kedalam filter Instagram, sudah mendekati tampilan pakaian adat yang sesungguhnya dengan perolehan peresentase kategori kelayakan 85,73%. Sedangkan untuk penerapan filter kedalam proses pembelajaran pengenalan suku bangsa dan budaya di Indonesia, masuk dalam skala kategori layak dengan perolehan presentase 72,76%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rancangan media interaktif pengenalan pakaian adat suku Dayak dan suku Rote ini berhasil dan bisa diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sulistiyono, Mulia
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Instagram, Augmented Reality
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Jul 2022 03:16
Last Modified: 07 Aug 2023 03:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3531

Actions (login required)

View Item View Item