PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN MARKER 3D OBJECTS TRACKING UNTUK PENGENALAN VAKSIN COVID-19

Alin, Octhavia (2022) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN MARKER 3D OBJECTS TRACKING UNTUK PENGENALAN VAKSIN COVID-19. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.12.0786-Octhavia Alin - Octhavia Alin.zip
Restricted to Repository staff only

Download (93MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.12.0786-Octhavia Alin - Octhavia Alin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Penyebaran varian covid-19 yang semakin banyak tentu membuat masyarakat khawatir. Karena itu, penting bagi siapapun yang telah memenuhi syarat untuk bersedia melakukan vaksinasi. Namun masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui atau malas untuk mencari tahu tentang jenis atau penjelasan tentang vaksin yang digunakan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pengenalan vaksin Covid-19 di Indonesia bertujuan untuk menarik minat masyarakat agar lebih mengetahui informasi seputar vaksin apa saja yang digunakan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) ini juga bertujuan untuk mebeberikan pengalaman berbeda dalam menerima informasi pengenalan vaksin covid-19 yang menampilkan sebuah object yang berupa 3D. Aplikasi ini merupakan perangkat mobile bersistem operasi android berbasis teknologi marker Augmented Realitiy (AR) yang memadukan antara dunia nyata dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam suatu lingkungan nyata. Pada penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Augmented Reality (AR) bernama “Mr.Vaccine” yang telah dilakukan pengujian menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan uji kebergunaan dan memperoleh nilai 66,93 dari skala 1-100. Berdasar skala nilai tersebut dapat dikategorikan aplikasi Mr.Vaccine mendapatkan kategori “dapat diterima” yang dibuktikan dari tingkat penerimaan (Acceptability), dan dikategorikan “Good” bagi penggunanya sesuai dengan nilai “Adjective Ratings” yang diterima.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Vaksin Covid-19, Augmented Reality, Marker Based Tracking, , System Development Life Cycle, Mobile Android, Covid-19 Vaccine
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:29
Last Modified: 05 Aug 2023 03:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3388

Actions (login required)

View Item View Item