PERANCANGAN DAN PEMBUATAN VIRTUAL REALITY MUSEUM KATA ANDREA HIRATA MENGGUNAKAN VIDEO 360°

-, Aldendy (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN VIRTUAL REALITY MUSEUM KATA ANDREA HIRATA MENGGUNAKAN VIDEO 360°. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (571kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0468-Aldendy - Aldendy Aldendy.rar
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
PUBLIKASI-17.12.0468-ALDENDY - Aldendy Aldendy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)

Abstract

Museum kata Andrea Hirata merupakan museum sastra pertama di indonesia yang didirikan tahun 2010 oleh novelis terkenal Andrea Hirata. Museum kata Andrea Hirata didirikan dengan tujuan untuk mengedukasi di museum ini juga terdapat display karya-karya sastra potongan- potongan kisah dari laskar pelangi, ada ruangan sastra dunia, ada literary music, ada literary art dan museum kata juga menyediakan sekolah yang diajar andrea hirata sendiri. Ada 3 bangunan Museum kata Andrea Hirata yang terdiri dari Ruang Utama, ruang Andrea Hirata, ruang Jendela Dunia. Saat ini banyak tidak bisa berkunjung dikarenakan pandemi yang tidak tahu sampai kapan akan berakhir dan tidak tahu seperti apa museum ini. Berdasarkan permasalahan diatas, teknologi virtual reality dapat digunakan untuk sebagai solusi pada saat pandemi. Virtual reality merupakan teknologi yang berjalan pada platform android. Aplikasi dibuat di unity dengan video 360° direkam dengan smartphone dan di edit di adobe premiere, dalam membangun aplikasi metode yang digunakan merupakan Multimedia Development life Cycle (MDLC). Berdasarkan dari perhitungan diketahui bahwa aplikasi VR Museum Kata Andrea Hirata bisa membantu museum dengan persentase skor nilai 65.75%. Sehingga apabila dimasukkan ke dalam kategori persentase yaitu : Cukup.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: irtual Reality, Museum, Video 360
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:15
Last Modified: 05 Aug 2023 03:38
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item