-, Aldendy (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN VIRTUAL REALITY MUSEUM KATA ANDREA HIRATA MENGGUNAKAN VIDEO 360°. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (571kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (249kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (52kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0468-Aldendy - Aldendy Aldendy.rar Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
PUBLIKASI-17.12.0468-ALDENDY - Aldendy Aldendy.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
Abstract
Museum kata Andrea Hirata merupakan museum sastra pertama di indonesia yang didirikan tahun 2010 oleh novelis terkenal Andrea Hirata. Museum kata Andrea Hirata didirikan dengan tujuan untuk mengedukasi di museum ini juga terdapat display karya-karya sastra potongan- potongan kisah dari laskar pelangi, ada ruangan sastra dunia, ada literary music, ada literary art dan museum kata juga menyediakan sekolah yang diajar andrea hirata sendiri. Ada 3 bangunan Museum kata Andrea Hirata yang terdiri dari Ruang Utama, ruang Andrea Hirata, ruang Jendela Dunia. Saat ini banyak tidak bisa berkunjung dikarenakan pandemi yang tidak tahu sampai kapan akan berakhir dan tidak tahu seperti apa museum ini. Berdasarkan permasalahan diatas, teknologi virtual reality dapat digunakan untuk sebagai solusi pada saat pandemi. Virtual reality merupakan teknologi yang berjalan pada platform android. Aplikasi dibuat di unity dengan video 360° direkam dengan smartphone dan di edit di adobe premiere, dalam membangun aplikasi metode yang digunakan merupakan Multimedia Development life Cycle (MDLC). Berdasarkan dari perhitungan diketahui bahwa aplikasi VR Museum Kata Andrea Hirata bisa membantu museum dengan persentase skor nilai 65.75%. Sehingga apabila dimasukkan ke dalam kategori persentase yaitu : Cukup.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | irtual Reality, Museum, Video 360 | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Jul 2022 04:15 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 03:38 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3377 |
Actions (login required)
View Item |