Febrianto, Muhammad (2020) PERANCANGAN GAME “FINDING DIANA” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SCIRRA CONSTRUCT 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (897kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (61kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - MUHAMMAD FEBRIANTO.zip Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.8118 - MUHAMMAD FEBRIANTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (919kB) |
Abstract
Perkembangan game di dunia semakin pesat, game telah menjadi hiburan untuk segala kalangan. Berdasarkan data dari Limelight Network pada tahun 2019 yang berjudul The State of Online Gaming, rata-rata pemain game menghabiskan 7 jam setiap minggunya untuk bermain game. Meningkat 19.3% dari tahun 2018. Merancang game yang dapat mengenalkan kepada aktifitas lain dan memotivasi pemainnya untuk melakukan aktifitas lain yaitu bermain piano karena menurut data dari Lindebald Piano Restoration bahwa hanya dengan belajar bermain piano dipercaya memiliki berbagai manfaat seperti menjaga kinerja otak, pendengaran, daya ingat serta mengasah skill untuk belajar bahasa baru. Dilihat dari lamanya waktu yang dihabiskan untuk bermain game dan berbagai manfaat saat belajar bermain piano maka dibuatlah game platformer bertema piano yang bernama ”Finding Diana” untuk dapat dimainkan diplatform android. Gameplay dari game ini adalah pemain akan mengendalikan karakter atau avatar untuk mengumpulkan note piano dan berjalan di atas platform yang berbentuk tuts piano sembari melewati rintangan. Metode pengembangan yang digunakan untuk perancangan dalam mengembangkan game adalah GDLC (Game Development Life Cycle) yang meliputi tahapan Initiation, Pre-production, production, Testing, Beta, dan Release. Game ini dibuat menggunakan engine Scirra Construct 2 yaitu game engine pembuat game berbasis HTML5 yang dikhususkan platform 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Membuat game menggunakan Construct 2 mudah dipahami karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam Eventsheet yang terdiri dari Event dan Action.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Platformer, Finding Diana, Piano, GDLC, Scirra Construct 2, Android. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 Jun 2022 04:43 | ||
Last Modified: | 25 Aug 2023 03:47 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3197 |
Actions (login required)
View Item |