PERANCANGAN GAME “FINDING DIANA” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SCIRRA CONSTRUCT 2

Febrianto, Muhammad (2020) PERANCANGAN GAME “FINDING DIANA” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SCIRRA CONSTRUCT 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (897kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - MUHAMMAD FEBRIANTO.zip
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.8118 - MUHAMMAD FEBRIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)

Abstract

Perkembangan game di dunia semakin pesat, game telah menjadi hiburan untuk segala kalangan. Berdasarkan data dari Limelight Network pada tahun 2019 yang berjudul The State of Online Gaming, rata-rata pemain game menghabiskan 7 jam setiap minggunya untuk bermain game. Meningkat 19.3% dari tahun 2018. Merancang game yang dapat mengenalkan kepada aktifitas lain dan memotivasi pemainnya untuk melakukan aktifitas lain yaitu bermain piano karena menurut data dari Lindebald Piano Restoration bahwa hanya dengan belajar bermain piano dipercaya memiliki berbagai manfaat seperti menjaga kinerja otak, pendengaran, daya ingat serta mengasah skill untuk belajar bahasa baru. Dilihat dari lamanya waktu yang dihabiskan untuk bermain game dan berbagai manfaat saat belajar bermain piano maka dibuatlah game platformer bertema piano yang bernama ”Finding Diana” untuk dapat dimainkan diplatform android. Gameplay dari game ini adalah pemain akan mengendalikan karakter atau avatar untuk mengumpulkan note piano dan berjalan di atas platform yang berbentuk tuts piano sembari melewati rintangan. Metode pengembangan yang digunakan untuk perancangan dalam mengembangkan game adalah GDLC (Game Development Life Cycle) yang meliputi tahapan Initiation, Pre-production, production, Testing, Beta, dan Release. Game ini dibuat menggunakan engine Scirra Construct 2 yaitu game engine pembuat game berbasis HTML5 yang dikhususkan platform 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Membuat game menggunakan Construct 2 mudah dipahami karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam Eventsheet yang terdiri dari Event dan Action.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wahyuni, Sri Ngudi
Uncontrolled Keywords: Game Platformer, Finding Diana, Piano, GDLC, Scirra Construct 2, Android.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:43
Last Modified: 25 Aug 2023 03:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item View Item