IMPLEMENTASI ANIMASI BERBASIS MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM DI SLEMAN (Studi Kasus Warung Nasi Kuning Bu Warni)

Salam, Hamdan Handika (2025) IMPLEMENTASI ANIMASI BERBASIS MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM DI SLEMAN (Studi Kasus Warung Nasi Kuning Bu Warni). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2514.zip
Restricted to Repository staff only

Download (77MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan era digital saat ini telah mengubah cara pelaku usaha mempromosikan produk mereka, termasuk pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Banyak UMKM, khususnya di daerah Sleman, belum memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi, salah satunya adalah Warung Nasi Kuning Bu Warni. Ketergantungan pada promosi konvensional berdampak pada terbatasnya jangkauan konsumen, sehingga usaha sulit berkembang dan kurang dikenal oleh khalayak yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan perancangan media promosi berbasis animasi motion graphic. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi tahapan pra-produksi, produksi , serta pasca-produksi. Penilaian efektivitas dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat umum dan praktisi multimedia, serta analisis performa iklan melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media promosi motion graphic yang dirancang dinilai efektif dan menarik oleh sebagian besar responden. Video ini membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan Warung Bu Warni dan menghasilkan beberapa interaksi pemesanan baru melalui WhatsApp.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Motion Graphic, UMKM, Promosi Digital, Animasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Nov 2025 02:02
Last Modified: 20 Nov 2025 02:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31276

Actions (login required)

View Item View Item