PERANCANGAN SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL PADA KALURAHAN PURWOBINANGUN

Sugiarsi, Hajar (2025) PERANCANGAN SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL PADA KALURAHAN PURWOBINANGUN. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.02.0805.zip
Restricted to Repository staff only

Download (68MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)

Abstract

Kalurahan Purwobinangun menghadapi permasalahan dalam pengelolaan pengaduan masyarakat yang masih bersifat manual, seperti penggunaan WhatsApp dan pencatatan kertas, sehingga berdampak pada efisiensi pelayanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pengaduan masyarakat berbasis website sebagai solusi digital yang lebih efisien, transparan, dan mudah diakses oleh masyarakat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Waterfall Model, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Sistem dikembangkan menggunakan framework Laravel sebagai backend, Tailwind CSS dan Bootstrap sebagai frontend, serta MySQL sebagai basis data. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box untuk memastikan fungsi berjalan sesuai dengan rancangan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website pengaduan masyarakat yang memungkinkan masyarakat melakukan pelaporan secara daring, melihat perkembangan aduan, serta memungkinkan admin kalurahan mengelola tanggapan secara sistematis. Dengan adanya sistem ini, proses pengelolaan aduan menjadi lebih cepat, terdokumentasi, dan dapat meningkatkan kepuasan layanan publik di Kalurahan Purwobinangun.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Maulina, Dina
Uncontrolled Keywords: Pengaduan Masyarakat, Website, Laravel, Kalurahan, Waterfall
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Nov 2025 02:41
Last Modified: 17 Nov 2025 02:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31050

Actions (login required)

View Item View Item