PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI UNTUK PENINGKATAN KINERJA PENJUALAN PADA TOKO BARAYA CO PEKALONGAN JAWA TENGAH

Adani, Adib (2025) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI UNTUK PENINGKATAN KINERJA PENJUALAN PADA TOKO BARAYA CO PEKALONGAN JAWA TENGAH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1922.zip
Restricted to Repository staff only

Download (63MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Toko yang bergerak di bidang bisnis pakaian merupakan salah satu industri yang sangat penting di Indonesia. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya. Toko Baraya Co merupakan usaha yang bergerak di bidang fashion yang menjual pakaian antara lain kemeja, hem, busana muslim dan busana muslimah. Setelah penulis melakukan wawancara dengan Toko Baraya Co, Toko tersebut tidak mengalami peningkatan penjualan dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir. Pemilik Toko Baraya Co mengatakan bahwa aktivitas penjualannya biasa saja, belum ada peningkatan yang berarti atau signifikan. Maka dari itu penulis bertujuan untuk membangun sistem informasi penjualan berbasis web untuk menjadi alat bantu yang dapat meningkatkan kinerja penjualan pada Toko Baraya Co. Dalam proses pengembangan sistem informasi penjualan penulis menggunakan metode SDLC (Sistem Development Life Cycle) metode waterfall. Pengumpulan data melalui wawancara secara langsung dengan pemilik dan kuesioner system usability scale. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan data omset penjualan yang diperoleh selama 1 bulan, sebelum dan sesudah sistem digunakan. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t sampel berpasangan. Berdasarkan hasil analisis uji t sampel berpasangan, diperoleh nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,006, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara omzet sebelum dan setelah sistem diterapkan, sehingga bisa disimpulkan bahwa penerapan sistem informasi penjualan berbasis web memperlihatkan dampak signifikan terhadap peningkatan kinerja penjualan di Toko Baraya Co.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rasyid, Rum Mohamad Andri K.
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Penjualan, Website, Uji T Sampel Berpasangan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:27
Last Modified: 13 Nov 2025 07:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31005

Actions (login required)

View Item View Item