{SKEMA ARTIS} PENERAPAN TEKNIK 5C OLEH DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY DALAM IKLAN KOMERSIAL “SUPER MIGUNANI”

Zein, Yazid Muhammad (2025) {SKEMA ARTIS} PENERAPAN TEKNIK 5C OLEH DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY DALAM IKLAN KOMERSIAL “SUPER MIGUNANI”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.96.2351.zip
Restricted to Repository staff only

Download (112MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Iklan komersial merupakan salah satu media utama dalam menyampaikan pesan promosi yang efektif dan mampu menarik perhatian masyarakat dengan pendekatan kreatif dan strategi komunikasi yang tepat iklan komersial memliki potensi yang besar untuk menjangkau audiens secara luas dan membangun citra merek yang kuat. Oleh karena itu , peran iklan komersial sangat penting dalam setrategi promosi modern guna meningkatkan kesadaran merek dan mendorong kepuasan pembeli. TPS 3R Migunani Plalangan merupakan salah satu bidang usaha yang bergerak dalam bidang pengelolaan sampah. Memiliki produk olahan berupa Pupuk Kompos dan Maggot Super. TPS 3R Migunani memliki permsalahan dalam mempromosikan produk hasil olahan. Dengan ini penulis membantu mempromosikan produk olahan tersebut dengan menggunakan iklan komersial yang berjudul “Super Migunani”, dengan tema komedi. Suatu iklan harus memperhatikan Teknik Sinematografi agar menghasilkan karya yang bagus, penyampaian pesan kepada penonton dapat disajikan dengan baik melalui penerapan sinematografi agar memiliki arti nilai seni yang baik dan dapat diterima oleh penonton. Dalam sinematografi terdapat Teknik yang sering disebut Teknik 5C dalam Sinematografi, terdapat beberapa prinsip yaitu; Composition (komposisi) menentukan besar kecil dan kejelasan elemen dalam frame. Close up / type shot, membantu menggambarkan sebuah ekspresi dari pemain secara detail. Camera Angle (Sudut Kamera), menentukan posisi dan sudut pengambilan gambar yang dapat memberikan makna tertentu pada cerita atau adegan. Continuity (kontinuitas), memastikan kesinambungan waktu dan ruang dalam unsur sinematik, seperti mempercepat memperlambat, atau bercerita tentang masa lalu dan masa depan. Cutting (Pemotongan) memilih, ,mengatur dan menyusun shot yang telah diambil menjadi scene, kemudian menjadi sequence, dan akhirnya menjadi cerita yang utuh.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa'adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Iklan Komersial, TPS 3R, Teknik 5C, Sinematografi, Migunani
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:36
Last Modified: 10 Sep 2025 02:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30569

Actions (login required)

View Item View Item