Zein, Yazid Muhammad (2025) {SKEMA ARTIS} PENERAPAN TEKNIK 5C OLEH DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY DALAM IKLAN KOMERSIAL “SUPER MIGUNANI”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.96.2351.zip Restricted to Repository staff only Download (112MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Iklan komersial merupakan salah satu media utama dalam menyampaikan pesan promosi yang efektif dan mampu menarik perhatian masyarakat dengan pendekatan kreatif dan strategi komunikasi yang tepat iklan komersial memliki potensi yang besar untuk menjangkau audiens secara luas dan membangun citra merek yang kuat. Oleh karena itu , peran iklan komersial sangat penting dalam setrategi promosi modern guna meningkatkan kesadaran merek dan mendorong kepuasan pembeli. TPS 3R Migunani Plalangan merupakan salah satu bidang usaha yang bergerak dalam bidang pengelolaan sampah. Memiliki produk olahan berupa Pupuk Kompos dan Maggot Super. TPS 3R Migunani memliki permsalahan dalam mempromosikan produk hasil olahan. Dengan ini penulis membantu mempromosikan produk olahan tersebut dengan menggunakan iklan komersial yang berjudul “Super Migunani”, dengan tema komedi. Suatu iklan harus memperhatikan Teknik Sinematografi agar menghasilkan karya yang bagus, penyampaian pesan kepada penonton dapat disajikan dengan baik melalui penerapan sinematografi agar memiliki arti nilai seni yang baik dan dapat diterima oleh penonton. Dalam sinematografi terdapat Teknik yang sering disebut Teknik 5C dalam Sinematografi, terdapat beberapa prinsip yaitu; Composition (komposisi) menentukan besar kecil dan kejelasan elemen dalam frame. Close up / type shot, membantu menggambarkan sebuah ekspresi dari pemain secara detail. Camera Angle (Sudut Kamera), menentukan posisi dan sudut pengambilan gambar yang dapat memberikan makna tertentu pada cerita atau adegan. Continuity (kontinuitas), memastikan kesinambungan waktu dan ruang dalam unsur sinematik, seperti mempercepat memperlambat, atau bercerita tentang masa lalu dan masa depan. Cutting (Pemotongan) memilih, ,mengatur dan menyusun shot yang telah diambil menjadi scene, kemudian menjadi sequence, dan akhirnya menjadi cerita yang utuh.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Iklan Komersial, TPS 3R, Teknik 5C, Sinematografi, Migunani | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 02:36 | ||
Last Modified: | 10 Sep 2025 02:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |