PEMANFAATAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI DESA WISATA KREBET, BANTUL, YOGYAKARTA

Rizky, Muhammad Taufiq (2025) PEMANFAATAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI DESA WISATA KREBET, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (895kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan TikTok sebagai media promosi Di Desa Wisata Krebet, Bantul, Yogyakarta. Banyak desa wisata di Indonesia belum memanfaatkan media sosial TikTok secara baik dan optimal sebagai media sosial, dalam penelitian ini Desa Wisata Krebet menjadi objek penelitian dalam pemanfaatan TikTok. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif dan menggunakan 4C (Connectivity, Content, Conversation, dan Context) sebagai landasan konseptual, penelitian ini mengkaji strategi promosi digital yang dijalankan melalui akun TikTok @desawisatakrebet. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa TikTok berkontribusi dalam meningkatkan visibilitas dan ketertarikan terhadap desa wisata, meskipun pemanfaatannya belum sepenuhnya dilakukan secara maksimal dan profesional. Terdapat peningkatan interaksi dan minat wisatawan terlihat melalui keterlibatan audiens terhadap konten yang diunggah, meskipun belum didukung oleh evaluasi formal dan rutin. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan strategi konten yang konsisten, kreatif, dan sesuai konteks untuk mencapai efektivitas promosi digital yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: TikTok, Promosi, Desa Wisata, 4C
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:04
Last Modified: 09 Sep 2025 07:04
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30562

Actions (login required)

View Item View Item