ANALISIS SENTIMEN PENDAPAT MASYARAKAT TERHADAP BMKG SEBAGAI LAYANAN PENYEDIA INFORMASI CUACA DAN IKLIM MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA LSTM

Antono, Rian (2025) ANALISIS SENTIMEN PENDAPAT MASYARAKAT TERHADAP BMKG SEBAGAI LAYANAN PENYEDIA INFORMASI CUACA DAN IKLIM MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA LSTM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (579kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4007.zip
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Surat Pernyataan Publish di Luar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merupakan lembaga yang aktif menggunakan media sosial X (sebelumnya Twitter) sebagai sarana komunikasi publik terkait informasi cuaca dan iklim. Tingginya aktivitas masyarakat di media sosial memunculkan berbagai opini yang tidak terstruktur terhadap layanan BMKG, sehingga menyulitkan proses evaluasi secara manual. Ketidak terstrukturan opini ini dapat berdampak pada keterbatasan instansi dalam memahami persepsi publik secara objektif, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap efektivitas perbaikan layanan publik. Penelitian ini menggunakan metode Long Short-Term Memory (LSTM) untuk mengklasifikasikan sentimen masyarakat terhadap BMKG yang diperoleh dari 3.400 data tweet hasil scraping. Langkah-langkah penelitian meliputi preprocessing data (text cleaning, tokenizing, stemming), pelabelan sentimen berbasis lexicon, penyeimbangan data menggunakan teknik Synthetic Minority Over-sampling Technique (SMOTE), serta pelatihan dan evaluasi model LSTM menggunakan metrik akurasi, presisi, recall , dan F1-score. Model kemudian diimplementasikan ke dalam aplikasi web berbasis Streamlit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model LSTM mampu mencapai akurasi sebesar 88% dengan F1-score tertinggi 0,92 untuk sentimen negatif dan 0,75 untuk sentimen positif. Sistem ini berkontribusi dalam menyediakan klasifikasi opini publik secara otomatis yang dapat dimanfaatkan oleh BMKG maupun instansi pemerintah lainnya dalam mengevaluasi kualitas layanan secara lebih efektif dan berbasis data. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi arsitektur yang lebih kompleks seperti Bi-LSTM atau BERT agar hasil klasifikasi lebih optimal.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kharisma, Rizqi Sukma
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, LSTM, BMKG, Media Sosial, SMOTE
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:13
Last Modified: 21 Aug 2025 07:13
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30532

Actions (login required)

View Item View Item