Setyadi, Yusuf Anwar (2025) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBUATAN 3D ENVIRONMENT GAME NIMBUS SENTINEL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1269.zip Restricted to Repository staff only Download (63MB) |
Abstract
Sebuah permainan pada masa kini tidak lagi harus dilakukan secara tradisional tetapi bisa menggunakan kemajuan teknologi yang bisa disebut video game. Selain sebagai media hiburan, video game juga berfungsi sebagai bentuk seni yang dapat menyampaikan cerita, pesan, dan melestarikan budaya. 3D Modelling adalah salah satu aspek penting dalam pengembangan video game karena berperan besar dalam membangun suasana dan pengalaman bermain yang imersif. Dalam proses pembuatan video game biasanya dibutuhkan Modelling 3D environment, terutama sebagai bentuk visual latar belakang dari sebuah naskah cerita. Penelitian ini bertujuan membahas metode pembuatan 3D environment pada game “Nimbus Sentinel” yang terdiri dari modelling hingga texturing bangunan utama serta objek pendukung yang menunjang atmosfer permainan menggunakan aplikasi Blender dan Adobe Substance Painter. Fokus utama penelitian ini adalah pembuatan aset 3D Raia House dan Raika House sesuai dengan konsep desain yang telah dirancang. Selain itu, objek pendukung seperti pohon, batu, dan rumput juga dibuat untuk melengkapi komposisi lingkungan dalam game. Setiap model 3D diberikan material dan tekstur gambar (image texture) agar dapat memvisualisasikan desain yang dibuat sesuai dengan gaya visual game. Hasil akhir menunjukkan bahwa seluruh kebutuhan fungsional telah berhasil direalisasikan dan aset yang dibuat siap digunakan dalam pengembangan game “Nimbus Sentinel”.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3D Environment, Aset Game 3D, Tekstur, Nimbus Sentinel | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:28 | ||
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:28 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |