{SKEMA MAGANG ARTIST} COMPOSITING 3D SCENE "MINECRAFT" PADA VIDEO PENDEK VFX "PETUALANGAN DIMENSI"

Annawawi, Rifaii Syarofiddin (2025) {SKEMA MAGANG ARTIST} COMPOSITING 3D SCENE "MINECRAFT" PADA VIDEO PENDEK VFX "PETUALANGAN DIMENSI". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0758.zip
Restricted to Repository staff only

Download (51MB)

Abstract

Proyek ini bertujuan menciptakan integrasi visual antara dunia nyata dan dunia digital bergaya Minecraft dalam sebuah video pendek bertema petualangan dimensi. Lingkungan 3D Minecraft dibuat menggunakan software Mineways yang memungkinkan pemilihan dan ekspor bagian dari dunia Minecraft ke dalam format yang sama dengan software Blender. Di dalam Blender, lingkungan tersebut dirender dengan penyesuaian pencahayaan dan sudut kamera yang disesuaikan dengan footage dunia nyata, sehingga tercipta kesinambungan visual yang natural antara kedua dunia. Karakter 3D seperti naga dan penduduk desa dirancang menggunakan Blender dengan mengikuti bentuk asli dari Minecraft berbasis voxel. Karakter utama, yang diperankan oleh aktor nyata, dimasukkan ke dalam scene menggunakan teknik rotoscoping. Teknik ini memungkinkan pemisahan tokoh dari latar hijau (green screen) untuk kemudian digabungkan ke dalam lingkungan 3D secara presisi. Seluruh elemen visual disatukan melalui proses compositing, termasuk camera tracking, pencocokan bayangan, cahaya, dan rendering. Melalui pendekatan ini, video berhasil menggambarkan sebuah petualangan lintas dimensi dengan nuansa fantasi di mana perpaduan antara dunia nyata dan digital memberikan pengalaman yang imajinatif. Penggunaan software seperti Mineways, After Effect, Premier Pro dan Blender, serta penerapan teknik rotoscoping, menunjukkan potensi integrasi aset voxel dengan rekaman nyata dalam produksi video kreatif. Hasil akhir membuktikan bahwa compositing yang efektif dapat menghidupkan dunia fiksi secara visual, memperkaya narasi, dan memperluas eksplorasi kreatif dalam produksi video pendek berbasis VFX.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Compositing, Visual Effect, Video Pendek, Petualangan Dimensi, Karakter 3D, 3D Animasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Aug 2025 06:50
Last Modified: 20 Aug 2025 06:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30470

Actions (login required)

View Item View Item