Annawawi, Rifaii Syarofiddin (2025) {SKEMA MAGANG ARTIST} COMPOSITING 3D SCENE "MINECRAFT" PADA VIDEO PENDEK VFX "PETUALANGAN DIMENSI". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0758.zip Restricted to Repository staff only Download (51MB) |
Abstract
Proyek ini bertujuan menciptakan integrasi visual antara dunia nyata dan dunia digital bergaya Minecraft dalam sebuah video pendek bertema petualangan dimensi. Lingkungan 3D Minecraft dibuat menggunakan software Mineways yang memungkinkan pemilihan dan ekspor bagian dari dunia Minecraft ke dalam format yang sama dengan software Blender. Di dalam Blender, lingkungan tersebut dirender dengan penyesuaian pencahayaan dan sudut kamera yang disesuaikan dengan footage dunia nyata, sehingga tercipta kesinambungan visual yang natural antara kedua dunia. Karakter 3D seperti naga dan penduduk desa dirancang menggunakan Blender dengan mengikuti bentuk asli dari Minecraft berbasis voxel. Karakter utama, yang diperankan oleh aktor nyata, dimasukkan ke dalam scene menggunakan teknik rotoscoping. Teknik ini memungkinkan pemisahan tokoh dari latar hijau (green screen) untuk kemudian digabungkan ke dalam lingkungan 3D secara presisi. Seluruh elemen visual disatukan melalui proses compositing, termasuk camera tracking, pencocokan bayangan, cahaya, dan rendering. Melalui pendekatan ini, video berhasil menggambarkan sebuah petualangan lintas dimensi dengan nuansa fantasi di mana perpaduan antara dunia nyata dan digital memberikan pengalaman yang imajinatif. Penggunaan software seperti Mineways, After Effect, Premier Pro dan Blender, serta penerapan teknik rotoscoping, menunjukkan potensi integrasi aset voxel dengan rekaman nyata dalam produksi video kreatif. Hasil akhir membuktikan bahwa compositing yang efektif dapat menghidupkan dunia fiksi secara visual, memperkaya narasi, dan memperluas eksplorasi kreatif dalam produksi video pendek berbasis VFX.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Compositing, Visual Effect, Video Pendek, Petualangan Dimensi, Karakter 3D, 3D Animasi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Aug 2025 06:50 | ||
Last Modified: | 20 Aug 2025 06:50 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |