Akbar, Muhammad Fadhillah (2025) {SKEMA ARTIS} STRATEGI PENYAJIAN VISUAL DALAM MEREPRESENTASIKAN IDENTITAS PROGRAM TELEVISI JAJAN SKUY DI RBTV YOGYAKARTA (EPISODE KULINER BALAI YASA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (987kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.96.2733.zip Restricted to Repository staff only Download (155MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
Abstract
Perkembangan acara kuliner di televisi Indonesia telah mengalami transformasi signifikan, dari format resep di era 90-an hingga ulasan makanan yang berfokus pada pengalaman sensorik saat ini. Kemunculan program ikonik seperti Wisata Kuliner dan fenomena food vlogger di media sosial telah memengaruhi lanskap kuliner digital dan televisi. Food vlogger, dengan konten video yang menarik dan ulasan yang informatif, telah menjadi panduan bagi penonton dalam memilih tempat makan dan mencari inspirasi menu. Fenomena ini menginspirasi lahirnya program televisi yang lebih dekat dengan masyarakat, salah satunya adalah program televisi "Jajan Skuy" di RBTV Yogyakarta. Program ini mengadaptasi konten media sosial yang informatif, edukatif, dan menghibur, dikemas dengan gaya yang menyenangkan. "Jajan Skuy" berfokus pada destinasi wisata kuliner potensial di Yogyakarta, memberikan informasi tentang makanan dan tempat makan menarik, serta dilengkapi dengan penilaian makanan oleh pembawa acara. Program ini menggunakan format majalah televisi yang menggabungkan informasi, pengetahuan, dan hiburan dalam satu tayangan. Penulisan ini membahas strategi penyajian visual dalam merepresentasikan identitas program "Jajan Skuy," khususnya pada episode Kuliner Balai Yasa. Pengkarya, yang bertanggung jawab atas proses online editing dan motion design, berperan penting dalam pengemasan visual program. Penerapan berbagai teknik motion graphic, seperti kinetic typography, animasi teks judul, animasi logo, lower thirds, dan ilustrasi karakter, bertujuan untuk meningkatkan variasi dan daya tarik visual program. Penelitian ini juga membahas manfaat akademis dan praktis termasuk peningkatan keterampilan teknis, pemahaman proses kerja industri kreatif, pengembangan kreativitas, serta penambahan portofolio profesional.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Program Televisi, Kuliner Yogyakarta, Desain Visual, Pasca Produksi, Identitas Program | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Aug 2025 06:42 | ||
Last Modified: | 20 Aug 2025 06:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |