{SKEMA ARTIS} STRATEGI PENYAJIAN VISUAL DALAM MEREPRESENTASIKAN IDENTITAS PROGRAM TELEVISI JAJAN SKUY DI RBTV YOGYAKARTA (EPISODE KULINER BALAI YASA)

Akbar, Muhammad Fadhillah (2025) {SKEMA ARTIS} STRATEGI PENYAJIAN VISUAL DALAM MEREPRESENTASIKAN IDENTITAS PROGRAM TELEVISI JAJAN SKUY DI RBTV YOGYAKARTA (EPISODE KULINER BALAI YASA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (987kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.96.2733.zip
Restricted to Repository staff only

Download (155MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)

Abstract

Perkembangan acara kuliner di televisi Indonesia telah mengalami transformasi signifikan, dari format resep di era 90-an hingga ulasan makanan yang berfokus pada pengalaman sensorik saat ini. Kemunculan program ikonik seperti Wisata Kuliner dan fenomena food vlogger di media sosial telah memengaruhi lanskap kuliner digital dan televisi. Food vlogger, dengan konten video yang menarik dan ulasan yang informatif, telah menjadi panduan bagi penonton dalam memilih tempat makan dan mencari inspirasi menu. Fenomena ini menginspirasi lahirnya program televisi yang lebih dekat dengan masyarakat, salah satunya adalah program televisi "Jajan Skuy" di RBTV Yogyakarta. Program ini mengadaptasi konten media sosial yang informatif, edukatif, dan menghibur, dikemas dengan gaya yang menyenangkan. "Jajan Skuy" berfokus pada destinasi wisata kuliner potensial di Yogyakarta, memberikan informasi tentang makanan dan tempat makan menarik, serta dilengkapi dengan penilaian makanan oleh pembawa acara. Program ini menggunakan format majalah televisi yang menggabungkan informasi, pengetahuan, dan hiburan dalam satu tayangan. Penulisan ini membahas strategi penyajian visual dalam merepresentasikan identitas program "Jajan Skuy," khususnya pada episode Kuliner Balai Yasa. Pengkarya, yang bertanggung jawab atas proses online editing dan motion design, berperan penting dalam pengemasan visual program. Penerapan berbagai teknik motion graphic, seperti kinetic typography, animasi teks judul, animasi logo, lower thirds, dan ilustrasi karakter, bertujuan untuk meningkatkan variasi dan daya tarik visual program. Penelitian ini juga membahas manfaat akademis dan praktis termasuk peningkatan keterampilan teknis, pemahaman proses kerja industri kreatif, pengembangan kreativitas, serta penambahan portofolio profesional.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astria, Kadek Kiki
Uncontrolled Keywords: Program Televisi, Kuliner Yogyakarta, Desain Visual, Pasca Produksi, Identitas Program
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Aug 2025 06:42
Last Modified: 20 Aug 2025 06:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30467

Actions (login required)

View Item View Item