PENGARUH HARGA DAN MERK TERHADAP VOLUME PENJUALAN BARANG DI ABSOLUTE KOMPUTER MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR BERGANDA

Mandala, Aji Surya (2020) PENGARUH HARGA DAN MERK TERHADAP VOLUME PENJUALAN BARANG DI ABSOLUTE KOMPUTER MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR BERGANDA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (877kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - 16.11.0182 - Aji Surya Mandala - Aji Surya Mandala.rar
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0182-AjiSuryaMandala - Aji Surya Mandala.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)

Abstract

Persaingan yang kian ketat diera teknologi yang kian maju ini membuat pelaku usaha jual beli seringkali memutar otak demi menjual produk yang mereka ungul ungulkan permainan harga serta merk menjadi salah satu tolok ukur penjual dalam menjual produknya namun terkadang penjual hanya memperkirakan harga serta merk yang akan dijual tanpa mengetahui seberapa besar harga dan merk dalam mempengaruhi penjualan mareka, maka dibutuhkannya sebuah aplikasi yang dapat membantu para penjual dalam mengetahui besarnya harga dan merk terhadap penjualannya. Regresi Linear Berganda adalah salah satu metode dalam data mining yang dipergunakan untuk mengetahui pengaruh antara satu atau beberapa variabel terhadap satu buah variabel. Variabel “penyebab” atau yang dikenal sebagai variabel yang mempengaruhi disebut dengan bermacam macam istilah: variabel independen, variabel bebas, variabel penjelas, variabel eksplanatorik, atau variabel X (karena seringkali digambarkan dalam grafik sebagai absis, atau sumbu X). Sedangkan, variabel “akibat” dikenal sebagai variabel yang dipengaruhi, variabel dependen, variabel terikat, atau variabel Y. Tahapan dalam metode Regresi Linear Berganda ini setelah mendapat nilai regresi sebesar Y = -2,22 a + 0,24 b1 + -0.7 b2 selanjutnya akan melewati tahap uji F yang didapatkan nilai R atau nilai determinan sebesar 15,8 yang artinya harga dan merk mempengaruhi penjualan sebesar 15,8% sisanya dipengaruhi diluar kedua faktor tersebut selanjutnya adalah uji T dimana didapat hasil merk berpengaruh signifikan namun harga tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan. 2

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Regresi linear berganda, data mining, nilai regresi, uji f, nilai determinan, uji t.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:35
Last Modified: 23 Aug 2023 07:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3045

Actions (login required)

View Item View Item