PERANCANGAN IKLAN VIDIO PRODUK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA BELI KONSUMEN PADA UMKM “ABON KINASIH”

Sinangling, Gharindra Bayu (2025) PERANCANGAN IKLAN VIDIO PRODUK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA BELI KONSUMEN PADA UMKM “ABON KINASIH”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.12.0574.zip
Restricted to Repository staff only

Download (110MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong perubahan dalam strategi promosi, termasuk pemanfaatan media digital seperti video iklan. UMKM Abon Kinasih, yang bergerak di bidang pengolahan daging di Temanggung, menghadapi tantangan dalam menjangkau konsumen karena lokasi yang terpencil dan promosi yang masih terbatas pada media sosial dan metode tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang video iklan berbasis multimedia dengan teknik live shoot dan motion graphic sebagai media promosi untuk meningkatkan daya beli konsumen. Proses perancangan dilakukan melalui tahapan pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi dengan memperhatikan aspek naskah, desain visual, dan strategi penyampaian pesan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun video telah diproduksi secara teknis dengan baik, efektivitas terhadap peningkatan penjualan belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya penyesuaian konten dengan target audiens serta strategi distribusi yang belum maksimal. Dengan demikian, diperlukan evaluasi lanjutan terhadap strategi promosi agar video iklan dapat memberikan dampak yang lebih signifikan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Bernadhed, Bernadhed
Uncontrolled Keywords: Video Iklan, Multimedia, Motion Graphic, Live Shoot, Promosi UMKM
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:14
Last Modified: 15 Aug 2025 07:14
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30390

Actions (login required)

View Item View Item