ANALISIS STRATEGI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MOANA SUSTAINABLE CYCLING TOUR PADA KUNJUNGAN WISATAWAN

Saputro, Andromeda Pandu (2025) ANALISIS STRATEGI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MOANA SUSTAINABLE CYCLING TOUR PADA KUNJUNGAN WISATAWAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.67.0045.zip
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)

Abstract

Perkembangan media sosial di era digital memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk menjangkau audiens secara lebih luas melalui berbagai bentuk konten. Kondisi ini mendorong pelaku industri pariwisata, termasuk MOANA Sustainable Cycling Tour, untuk memanfaatkan media sosial secara strategis guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi media sosial yang diterapkan oleh akun Instagram @moanabiketour pada kunjungan wisatawan MOANA Bike Tour. Penelitian menggunakan teori strategi media sosial dari Quesenberry serta pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan marketing manager, creative director social media, dan customer service, serta observasi langsung dan pencarian data daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MOANA telah menerapkan strategi media sosial secara terstruktur, meliputi identifikasi tujuan bisnis, pemetaan target audiens, analisis sosial, perencanaan ide besar, hingga integrasi strategi antar platform. Strategi ini terbukti berkontribusi dalam peningkatan jumlah wisatawan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Agusta, Rivga
Uncontrolled Keywords: Strategi Media Sosial, Instagram, Wisata Berkelanjutan, Kunjungan Wisatawan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:05
Last Modified: 14 Aug 2025 03:05
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30352

Actions (login required)

View Item View Item