Aditya, Vikiyana Haris (2020) GAME PENYELAMATAN PUTRI SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI SOKASARI (Studi Kasus: Sekolah Dasar Negeri Sokasari). D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (900kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (40kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source code - -17.02.0057-Vikiyana Haris Aditya - Vikiyana Haris Aditya.swf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
publikasi-17.02.0057-Vikiyana haris aditya - Vikiyana Haris Aditya.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan saat ini sering dijumpai adanya anak-anak yang kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini ditinjukan dengan kurangnya perhatian anak-anak terhadap guru atau pengajar saat kegiatan belajar mengajar. Banyak anak-anak yang lebih suka bermain daripada belajar. Terutama seiring perkembangan teknologi yang semakin maju banyak game bermunculan di perangkat smartphone maupun komputer. Hal ini tentu dapat menjadi godaan anakanak untuk lebih senang bermain game daripada belajar, hal ini wajar karena pada dasarnya psikologi anak adalah bermain. Berdasarkan uraian di atas, penulis membuat sebuah game edukasi dengan format .swf yang ditujukan untuk siswa sekolah dasar khususnya kelas 4. Game ini berisi soal-soal seperti matematika, IPA, IPS dan PKN dengan materi pelajaran sekolah dasar kelas 4. Game ini berupa soal-soal pilihan ganda dengan tema kerajaan dengan pangeran yang harus menyelesaikan soal untuk dapat menyelamatkan putri. Dalam pembuatan game ini penulis membuat background dan karakter dengan memanfaatkan software CorelDraw X8 dan Adobe Flash Professional CS6 untuk menyusun scene, layer, dan frame sesuai dengan rancangan penulis. Penulis memanfaatkan tool yang ada pada software, menyisipkan suara, dan menambahakan beberapa efek motion agar game ini menarik untuk dimainkan.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Pendidikan, Games, Technology, Education | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Jun 2022 06:56 | ||
Last Modified: | 23 Aug 2023 07:51 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3033 |
Actions (login required)
View Item |