GAME PENYELAMATAN PUTRI SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI SOKASARI (Studi Kasus: Sekolah Dasar Negeri Sokasari)

Aditya, Vikiyana Haris (2020) GAME PENYELAMATAN PUTRI SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI SOKASARI (Studi Kasus: Sekolah Dasar Negeri Sokasari). D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (900kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source code - -17.02.0057-Vikiyana Haris Aditya - Vikiyana Haris Aditya.swf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
publikasi-17.02.0057-Vikiyana haris aditya - Vikiyana Haris Aditya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan saat ini sering dijumpai adanya anak-anak yang kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini ditinjukan dengan kurangnya perhatian anak-anak terhadap guru atau pengajar saat kegiatan belajar mengajar. Banyak anak-anak yang lebih suka bermain daripada belajar. Terutama seiring perkembangan teknologi yang semakin maju banyak game bermunculan di perangkat smartphone maupun komputer. Hal ini tentu dapat menjadi godaan anakanak untuk lebih senang bermain game daripada belajar, hal ini wajar karena pada dasarnya psikologi anak adalah bermain. Berdasarkan uraian di atas, penulis membuat sebuah game edukasi dengan format .swf yang ditujukan untuk siswa sekolah dasar khususnya kelas 4. Game ini berisi soal-soal seperti matematika, IPA, IPS dan PKN dengan materi pelajaran sekolah dasar kelas 4. Game ini berupa soal-soal pilihan ganda dengan tema kerajaan dengan pangeran yang harus menyelesaikan soal untuk dapat menyelamatkan putri. Dalam pembuatan game ini penulis membuat background dan karakter dengan memanfaatkan software CorelDraw X8 dan Adobe Flash Professional CS6 untuk menyusun scene, layer, dan frame sesuai dengan rancangan penulis. Penulis memanfaatkan tool yang ada pada software, menyisipkan suara, dan menambahakan beberapa efek motion agar game ini menarik untuk dimainkan.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Yuli
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Pendidikan, Games, Technology, Education
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:56
Last Modified: 23 Aug 2023 07:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item