STRATEGI CONTENT PLANNER DALAM MENINGKATKAN JUMLAH VIEWERS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @RBTV_JOGJA

Nisrina, Nadiya (2025) STRATEGI CONTENT PLANNER DALAM MENINGKATKAN JUMLAH VIEWERS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @RBTV_JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (605kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)

Abstract

Content planner berperan mengatur perencanaan dalam sebuah konten yang akan tayang di media sosial. Perencanaan membutuhkan sebuah strategi yang matang untuk membuat konten dapat berjalan dengan mudah dan efektif. Viewers dalam konteks industri digital adalah audiens yang berinteraksi dengan berbagai bentuk konten digital. Dalam ekosistem digital yang dinamis, keberadaan viewers sangat penting. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi content planner dalam meningkatkan jumlah viewers media sosial Instagram @rbtv_jogja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang dibuat oleh content planner dalam meningkatkan jumlah viewers dapat membantu kinerja pembuatan konten media sosial. Strategi content planner yang digunakan oleh tim media sosial RBTV Jogja terutama media sosial Instagram menggunakan metode 8 tahapan dalam perencanaan pembuatan konten menurut Kotler. Untuk bagian poin menetapkan tujuan, melakukan pemetaan target pasar, strategi perancangan rencana terkait gagasan konten, dan evaluasi RBTV Jogja sudah menjalankannya dengan baik. Namun untuk bagian memproses penciptaan konten yang menarik untuk memiliki nilai jual yang tinggi di khalayak, mendistribusikan konten untuk dikenalkan, penguatan konten untuk menjangkau pengaruh minat viewers, dan perbaikan performa masih harus diperbaiki lagi terutama untuk meningkatkan viewers. RBTV Jogja masih harus melakukan peningkatan dalam mengupayakan kestabilan jumlah viewers agar tidak turun naik, dengan kekuatan konten hiburannya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Erlistyarini, Yulinda
Uncontrolled Keywords: Content Planner, Strategi, Viewers, Instagram, RBTV Jogja
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:13
Last Modified: 13 Aug 2025 02:13
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30298

Actions (login required)

View Item View Item