Eddy, Muhammad Nasyrullah (2025) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY TERHADAP KATALOG PRODUK FORFUN COFFEE MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4100.zip Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
Abstract
Pengembangan Augmented Reality terhadap Katalog Produk Forfun Coffee Menggunakan Unity. Forfun Coffee adalah sebuah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berbasis di Yogyakarta, berfokus pada produk minuman kopi dan cokelat. Strategi pemasaran konvensional dinilai kurang efektif dalam menarik perhatian pelanggan potensial, sehingga diperlukan inovasi baru untuk meningkatkan daya tarik produk. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi katalog produk berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan Unity dan Vuforia SDK sebagai sarana pemasaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dengan tahapan meliputi konsep, pengumpulan material, perakitan, pengujian, dan distribusi. Dalam penelitian ini, marker digunakan untuk memicu visualisasi objek 3D dari produk Forfun Coffee, seperti Kopi Susu Aren, Matcha, dan Coklat. Aplikasi juga dilengkapi fitur tambahan, seperti berbagi ke media sosial dan tampilan informasi produk. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai harapan dengan tingkat keberhasilan 100% berdasarkan pengujian Blackbox. Pengujian menggunakan Skala Likert dengan responden pelanggan dan pengikut media sosial Forfun Coffee menghasilkan rata-rata skor 1,72, yang menunjukkan respon positif terhadap aplikasi ini. Aplikasi ini memberikan pengalaman interaktif yang menarik, meningkatkan daya tarik katalog, dan membantu Forfun Coffee memperluas jangkauan pemasaran secara digital.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Unity, Vuforia, Katalog Produk | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:48 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:48 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |