PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY TERHADAP KATALOG PRODUK FORFUN COFFEE MENGGUNAKAN UNITY

Eddy, Muhammad Nasyrullah (2025) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY TERHADAP KATALOG PRODUK FORFUN COFFEE MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4100.zip
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)

Abstract

Pengembangan Augmented Reality terhadap Katalog Produk Forfun Coffee Menggunakan Unity. Forfun Coffee adalah sebuah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berbasis di Yogyakarta, berfokus pada produk minuman kopi dan cokelat. Strategi pemasaran konvensional dinilai kurang efektif dalam menarik perhatian pelanggan potensial, sehingga diperlukan inovasi baru untuk meningkatkan daya tarik produk. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi katalog produk berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan Unity dan Vuforia SDK sebagai sarana pemasaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dengan tahapan meliputi konsep, pengumpulan material, perakitan, pengujian, dan distribusi. Dalam penelitian ini, marker digunakan untuk memicu visualisasi objek 3D dari produk Forfun Coffee, seperti Kopi Susu Aren, Matcha, dan Coklat. Aplikasi juga dilengkapi fitur tambahan, seperti berbagi ke media sosial dan tampilan informasi produk. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai harapan dengan tingkat keberhasilan 100% berdasarkan pengujian Blackbox. Pengujian menggunakan Skala Likert dengan responden pelanggan dan pengikut media sosial Forfun Coffee menghasilkan rata-rata skor 1,72, yang menunjukkan respon positif terhadap aplikasi ini. Aplikasi ini memberikan pengalaman interaktif yang menarik, meningkatkan daya tarik katalog, dan membantu Forfun Coffee memperluas jangkauan pemasaran secara digital.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wardhana, Raditya
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Unity, Vuforia, Katalog Produk
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:48
Last Modified: 12 Aug 2025 07:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30285

Actions (login required)

View Item View Item